PENERAPAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN MULTIKULTURAL DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG
Abstract
Kawasan Timur Indoenesia (KTI) adalah lahan dakwah Muhammadiyah yang perlu diprioritaskan. Pasalnya perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) pada kawasan tersebut mahasiswanya didominasi oleh non muslim. Sehingga pembelajaran AIK tidak dapat diterapkan seperti perguran tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah pada umumnya. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Multikultural di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong; Jenis penelitian menggunakan penelitian studi lapangan dengan metode penelitiannya adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif model Milles dan Huberman. Kesimpulannya menunjukkan bahwa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong menerapkan pembelajaran AI-Islam dan kemuhammadiyahan Multikultural yang dikeluargan oleh PP Litbang Dikti Muhammadiyah. Pembelajarannya dilakukan melalui pengajaran tim teaching, Pembelajaran AIK 1 (Islam dan Agama- agama Dunia) dipisahkan menurut Keyakinan Siswa (kelas muslim dan kelas Kristen) adapun dosennya sesuai dnegan kepercayaan yang mahasiswa anut. Sedangkan pembelajaran AIK II (Etika Islam), AIK III (Studi Kemuhammadiyahan) dan AIK IV (Islam dan IPTEKS) diajarkan seperti biasanya disesuaikan dengan masing- masing program studi di lingkungan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.