IMPLEMENTASI MEDIA POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 INANWATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pembelajaran dengan media powerpoint yang dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik serta hambatan/kendala penerapan powerpoint dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) peserta didik kelas X SMAN 1 Inanwatan. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara. Sumber data dalam
penelitian ini ada dua yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer terdiri dari Kepala
SMAN 1 Inanwatan, Wakasek Kurikulum, Guru bidang Studi dan 9 orang peserta didik. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan
membelajaran dengan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar, motivasi, keaktifan serta minat belajar
peserta didik. Tahapan pengunaan media powerpoint dimulai dari analisis materi, pembuatan media dan presentasi.
Hasil lain menunjukan bahwa dalam penerapan media powerpoint terdapat beberapa kendala yaitu: jaringan, listrik,
peralatan TIK dan penguasaan aplikasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan powerpoint dalam
pembelajaran sangan efektif dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.