PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK YPK PENGHARAPAN KABUPATEN SORONG
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah sistim yang dimana dilatar belakangi oleh pentingnya sikap disiplin yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah SMK YPK Pengharapan Kabupaten Sorong. Dan secara khusus mengetahui peraturan apa saja yang harus ditaati siswa, tingkat kesadaran siswa, upaya guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, hambatan yang dihadapi guru PPKn dalam mendisiplinkan siswa, dan upaya Guru PPKn dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut sehingga siswa dapat berdisiplin di lingkungan sekolah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penulis merupakan instrumen utama untuk mendapatkan data secara mendalam. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, dan 1 Guru PPKn, dan seluruh siswa. Di SMK YPK Pengharapan Kabupaten Sorong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapat bahwa peran guru PPKn itu sangat penting dan guru PPKn harus selalu memberikan contoh berperilaku disiplin kepada semua siswa setiap waktu. Pemberian hukuman yang mendidik bagi siswa yang melanggar merupakan solusi yang bijak dalam mendisiplinkan siswa di sekolah. Adapun kesimpulan hasil penelitian adalah, bahwa untuk meningkatkan kualitas disiplin siswa di SMK YPK Pengharapan Kabupaten Sorong, guru PPKn harus menjadi orang yang dapat memberikan keteladanan, motivasi, dan bimbingan kepada siswa yang baik sehingga siswa termotivasi untuk berdisiplin. Saran bagi kepala sekolah, dan guru PPKn adalah selalu bekerja sama dan selalu membina, mengawasi, siswa untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.