PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 2 AIMAS KABUPATEN SORONG SMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015

  • Herningsih Herningsih Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ernawati Simatupang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Hasna Biyau Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Model Numbered Heads Together ( NHT ), PPKn

Abstract

Mengemukakan pendapat adalah salah satu hak warga masyarakat Indonesia sebagaimana diamanahkan dalam
UUD 1945 pasal 28. Namun demikian mengemukakan pendapat harus didasarkan pada etika dan moral yang baik
agar esensi dari mengemukakan pendapat itu sendiri tidak hilang. Hal ini harus dipahami oleh seluruh masyarakat
Indonesia. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa materi hakikat mengemukakan
pendapat melalui model pembelajaran Numbered heads together (NHT). Objek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII MTs Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
tekhnik Observasi, Angket, Tes, dan Dokumentasi. Untuk menganalis data menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai siswa yang artinya terjadi
peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Aimas Kab Sorong. Pada Pre Test keberhasilan
siswa sebesar 47.8%. Pada siklus I sebesar 73.9% dengan taraf keberhasilan cukup baik, dan pada siklus II sebesar
91.3 dengan taraf keberhasilan sangat baik. Dengan demikian dapat diketahui pada siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan sangat signifikan sebesar 20% setelah menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (
NHT.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-15