PEMBINAAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA MELALUI RUANG KELAS SEBAGAI LABORATORIUM DEMOKRATIS PPKN DI SMP NEGERI 3 KABUPATEN SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor-faktor penghambat, dan evaluasi keberhasilan dalam
pembinaan karakter demokratis siswa melalui ruang kelas sebagai laboratorium demokratis PPKn di SMP Negeri 3
Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan
beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu dalam
Silabus dan RPP sudah terlihat nilai-nilai karakter demokratis namun belum sepenuhnya. Dalam pembinaan
karakter demokratis siswa menggunakan metode ceramah, kerja kelompok (diskusi), tanya jawab, dan penugasan.
Cara pembinaan karakter demokratis siswa adalah melalui keteladanan, kegiatan spontan, pembiasaan, dan nasehat.
Pelaksanaan pembinaan karakter demokratis siswa dilaksanakan didalam proses pembelajaran di kelas dan di luar
kelas seperti kegiatan ekstrakulikuler (pramuka). Faktor penghambat dalam pelaksaan pembinaan karakter
demokratis siswa yaitu rasa malas siswa, latar belakang budaya siswa dan keterbatasan waktu. Dalam mengatasi
hambatan guru melakukan pendekatan individu kepada siswa, memberikan nasehat, motivasi dan perhatian.
Evaluasi keberhasilan dalam pelaksanaan pembinaan karakter demokratis siswa melalui ruang kelas sebagai
laboratorium demokoratis PPKn yaitu melalui pengukuran hasil belajar, pengamatan secara langsung
perkembangan karakter demokratis siswa, dan evaluasi bersama orang tua.