PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KURIKUL 2013 DI SMP NEGERI 11 KABUPATEN SORONG

  • Merselina Yadanfle Universitas Pendidikan Muhammadiyah
  • Budi Santoso Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ihsan Ahmad Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Peran Kepala Sekolah, Pemahaman Guru, Kurikulum 2013

Abstract

Skema pembelajaran Kurikulum 2013 diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dankebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Mengetahui bahwa peran kepala sekolah sangat penting bagi guru-guru dalam memahami kurikulum 2013. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dan subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan guru-guru SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara menggunakan instrumen wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 3 tema yaitu (1) proses penerapan kurikulum 2013 di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong, (2) kesiapan guru-guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013, dan (3) kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan dan penerapan kurikulum 2013 baik bagi guru-guru maupun siswa-siswi. Kesimpulan bahwa dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap penerpakan kurikulum 2013, kepala sekolah berperan sebagai pemberi motivasi dan peluang kepada guru-guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, melibatkan diri dalam kelompok-kelompok belajar guru serta menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses penerapan dan pembelajaran berbasis kurikulum 2013, menciptakan suasana yang kondusif, menyediakan sumber belajar baik bagi guru-guru maupun peserta didik dalam membina disiplin serta menciptakan lingkungan belajar yang asri di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-15