PERAN GURU PPKn UNTUK MENUNJANG KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SD YPK YEFLIO KABUPATEN SORONG

  • Yanti Makdalena Fadan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Roni Andri Pramita Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Lestari Lestari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Peran guru; menunjang kedisiplinanPPKn.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru ppkn untuk menunjang karakter disilin siswa kelas v sd ypk yeflio dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan faktor yang mempengaruhi peran guru ppkn untuk menujang karakter disiplin siswa kelas v sd ypk yeflio, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menjelaskan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Informasi dalam penelitian adalah kepala sekolah dan guru ppkn kelas v,siswa dan Orang tua sebagai pembanding, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor penghambat adalah kurangnya perhatian orang tua serta lingkungan masyarakat yang kurang baik. Peran guru ppkn kelas v suda maksimal dalam menunjang karakter disiplin yakni dengan memberi motivasi, teguran, dan juga sanksi kepada siswa guna meningkatkan kedisiplinan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-15