PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA SMA NEGERI 2 KABUPATEN SORONG

  • Hana Nauw Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jusmin Jusmin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ernawati Simatupang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Peran Guru, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Nilai-Nilai Pancasila

Abstract

Guru sangatlah berperan penting bagi pembentukan perilaku terhadap peserta didik. Dengan perkembangan zaman yang pesat, sudah mulai nampak ada kemerosotan perilaku atau sikap peserta didik, guru harus menjadi solusi dalm masalah ini. Tujuan peneitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.    Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, guru PKn dan 10 orang siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong dan waktu penelitian akan dilaksanakan pada bulan September 2023. Penelitian ini meggunakan analisis dalam penelitian kualitatif terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Hasil dari peneitian ini adalah Pelaksanaan implementasi nilai-nilai pancasila di SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong yaitu dilakukan dengan penerapannya kepada sesama pihak sekolah. Beberapa memakai cara tau taktik yang dibuat baik melalui peraturan atau program dalam melaksanakannya, seperti: melalui keteladanan, penanaman atau penegakan kedisiplinan, pembiasaan, dan terintegrasi dan terinternalisasi yang dirancang sedemikian rupa. Peran guru PPKN dalam mengimplementasikan nilai-nilai pada mata pelajaran PPKN dilaksanakan dengan baik, terutama peran guru PPKN yang muncul sebagai pendidik dan pengajar yang mana, melakukan kesiapan dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran; kemudian peran selanjutnya yaitu guru PPKN sebagai pemimpin pada dirinya dan siswa baik diluar kelas ataupun dilingkungan madrasah, guru PPKN berperan sebgai motivasi, dan guru PPKN sebagai evaluator dalam menilai perkembagan pengaruh dari pelaksanaan implmentasi nilai tersebut pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-15