Pemanfaatan Digital Library dalam Program TISEA SEAMOLEC Kemdikbud sebagai Sumber Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Naringgul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan digital library dalam program TISEA SEAMOLEC Kemdikbud sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Naringgul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital library membantu meningkatkan akses informasi dan sumber belajar yang lebih luas bagi siswa. Selain itu, digital library juga mendukung keterampilan literasi digital siswa dan memperkaya bahan ajar yang tersedia. Selain itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Pemanfaatn digital library dalam program TISEA SEAMOLEC Kemendikbud sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Naringgul Kabupaten Cianjur dalam mewujudkan pembelajarn yang aktif, kreatif dan inovatif, sesuai denga kurikulum yang berlaku yang diharapkan oleh pemerintah. Serta meningatakan kompetensi Guru maupun siswa di bidang Teknologi. Dan menyesuaikan gambara pembelajaran di abad 21.Digital library ini merupakan program SEAMOLEC Kemendikbud,yang bekerjasama dengan Negara ASEAN yang bergerak di bidang pendidikan dan bertujuan untu memajukan pendidikan khususnya di Indonesia, penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (case study). Hasil dari penelitian menunjuka bahwa digital library apabila di libatkan sebagai perangkat pembelajaran yang berbasis Teknologi sesuai dengan kurikum yang berlaku yaitu kurikulm merdeka yang menganjurkan harus ada konte-konten pembelajarn selain itu dapat di gunakan sebagai sumber belajar siswa dan membantu memudahkan memahami materi yang di sampaikan, serta mengembangan kompetensi guru dan kekreatifan siswa di bidang Teknologi