Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme di SD Negeri Gegersari Kabupaten Cianjur
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses integrasi nilai-nilai karakter religiusitas, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan dalam pembelajaran, dampak dari integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS terhadap perkembangan karakter siswa, partisipasi guru dan siswa dalam proses integrasi pendidikan karakter, dan peran guru, hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, dan evaluasi program pendidikan karakter dilakukan di sekolah SD Negeri Gegersari Kabupaten Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. proses integrasi nilai-nilai, Guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk mengintegrasikan nilai-nilai seperti religiusitas, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan dalam kegiatan pembelajaran, dampak dari integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS berdampak positif pada perkembangan karakter siswa, Guru secara aktif mencari cara untuk menyisipkan nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran, Hambatan ini termasuk keterbatasan waktu, kurangnya sumber daya, dan resistensi dari siswa, hasil evaluasi menunjukkan bahwa meskipun ada kemajuan yang signifikan, masih terdapat area yang memerlukan perbaikan.