IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGENAI PEMBELAJARAN P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA)

  • Pamella Anjel Tandi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ernawati Simatupang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jusmin jusmin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Kurikulum Merdeka, P5(Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses kurikulum merdeka berjalan secara langsung dengan adanya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) memiliki perubahan-perubahan terbesar secara signifikan dibandingkan dengan kurikulum yang lalu-lalu. Dengan adanya kurikulum merdeka ini guru dituntut harus berkreatif agar peserta didik menjadi lebih aktif dan berkreatif secara dalam kurikulum merdeka mengenai P5 ini siswa harus bereksperimen sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada dua guru untuk mengetahui sejauh mana proses kurikulum merdeka dengan adanya P5 di sekolah tersebut dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi serta menggunakan model analisis data yakni mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kurikulum merdeka di SD Inpres 14 Kabupaten Sorong. Siswa-siswi disana memiliki kemandirian, disiplin, bertanggung jawab, berperilaku dengan nilai-nilai pancasila dan memiliki rasa cinta tanah air. Adanya P5 juga peserta didik bisa belajar sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik serta memiliki keberanian dalam belajar dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-16