Peran Guru PPKn Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong

  • Indri Anugrah Ramadhani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Hasna Biyau Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Roni Andri Pramita Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ernawati Simatupang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Peran guru, Penguatan Pendidikan Karakter, pencagahan bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penguatan pendidikan karakter integritas di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong, peran guru PPKn dalam mencegah bullying, serta faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi melibatkan guru PPKn dan Bimbingan Konseling. Hasil menunjukkan: 1) Penguatan karakter integritas dilakukan guru PPKn dengan menanamkan nilai persatuan melalui kerja kelompok, kejujuran saat ulangan, dan memberikan contoh perilaku positif. 2) Peran guru PPKn dalam mencegah bullying mencakup memanggil korban serta pelaku, menanyakan masalahnya, memberikan nasihat, dan menjelaskan dampak bullying. 3) Faktor penghambat meliputi kurangnya peran keluarga dalam mendidik anak dan penyalahgunaan ponsel oleh siswa, termasuk cyberbullying. Sementara itu, faktor pendukung mencakup program pelatihan agen perubahan dan anti perundungan (roots) yang bekerja sama dengan UNICEF.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Indri Anugrah Ramadhani, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Scientific & Empowering Journal UNIMUDA

Published
2024-09-16