Analisis Kandungan Nilai Karakter Pada Buku Teks Pendidikan Pancasila Pegangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Metode penelitian yang digunakan Jenis pendekatan adalah pendekatan kepustakaan (Library research) dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Data pada penelitian ini berupa kandungan nilai karakter buku teks pendidikan pancasila pegangan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan buku teks pendidikan pancasila terdiri atas 4 bab yakni: (1) mengenal lingkungan sekitar, (2) aku anak yang disiplin, (3) kerja sama di lingkunganku (4) Pancasila dalam diriku. Setiap bab menyajikan materi yang dilengkapi dengan aktivitas pembelajaran yang bervariasi. Peneliti mendapatkan hasil bahwa terdapat nilai karakter yang muncul pada bab I diurutkan dari frekuensi tertinggi kemunculannya hingga yang terendah yaitu karakter gotong royong 40%, nilai ini gotong royong ini paling banyak muncul kerena mengajarkan kebersamaan dan sifat empati terhadap sesama, sementara tertinggi ke II adalah nilai karakter kreatif dengan 35%, Nilai karakter ini uga banyak muncul kerena muatan buku tersebut menuntut kita untuk berfikir kritis dan kreatif, selanjutnya nilai karakter mandiri 25%, dan terakhir adalah nilai karakter kebhinekaan global 20%, dan selanjutnya nilai karakter bertaqwa dan nilai karakter kritis sama-sama memiliki nilai 10% dan nilai yang rendah muncul karena buku teks ini banyak mengajarkan tentang toleransi beragama, bukan nilai ketangwaannya.