Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD YPK 4 Klademak Kota Sorong

  • Sipora Yaah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Desti Rahayu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Peran Guru, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam proses pembelajaran di Kelas III SD YPK VI Klademak Kota Sorong. Pendidikan nasional di Indonesia menekankan pentingnya pengembangan karakter dan kemampuan siswa, di mana guru memiliki peran sentral dalam mencapai tujuan tersebut. Melalui observasi dan wawancara dengan guru, penelitian ini menemukan bahwa perencanaan pembelajaran yang matang menjadi kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai pembimbing, motivator, evaluator, dan konselor yang mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inovatif, seperti permainan edukatif dan aktivitas kelompok, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Evaluasi yang dilakukan secara berkala membantu guru dalam memberikan umpan balik yang konstruktif, sehingga siswa dapat memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Selain itu, kolaborasi antara guru dan orang tua siswa juga berkontribusi positif terhadap perkembangan siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa peran guru yang multifaset sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta mencapai tujuan pendidikan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-30