https://unimuda.e-journal.id/jurnalcitizen/issue/feedJURNAL CITIZEN EDUCATION2024-11-16T02:50:20+00:00Open Journal Systems<p style="margin: 0cm; font-size: 14px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><strong><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">Journal Citizen Education</span></strong><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">: Citizenship Study Media is the official journal of the <strong>Sorong Muhammadiyah Education University</strong> in collaboration with the Association of Pancasila and Citizenship Lecturers (<strong>ADPK</strong>), the Association of Indonesian Pancasila and Citizenship Education Professionals (<strong>AP3KnI</strong>).</span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 14px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><strong><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">Journal Citizen Education: Media for the Study of Pancasila and Citizenship Education</span></strong><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;"> is a peer-reviewed journal that focuses on scientific and professional studies in the practice of Pancasila and citizenship education in the dimensions and perspectives of cultural diversity, local wisdom and welfare in social, educational and learning contexts. In the local, national and global scope, related to morals and social involvement in society and digital ethics; and legal maturity.</span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 12px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">Journal Title <strong>: Citizen Education (Media Kajian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)</strong></span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 12px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">Frequency <strong> : 2 issues per year (March and November)</strong></span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 12px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">ISSN<strong> : <a href="http://u.lipi.go.id/1516004683"><span style="color: blue;">2716-3566 (Online)</span></a></strong></span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 12px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">OAI Address <strong> : <a href="https://unimuda.e-journal.id/jurnalcitizen"><span style="color: blue;">https://unimuda.e-journal.id/jurnalcitizen</span></a></strong></span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 12px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">Editor-in-Chief<strong> : <a href="https://scholar.google.com/citations?user=jBuQKWQAAAAJ&hl=id" target="_blank" rel="noopener"><span style="color: blue;">I h s a n</span></a></strong></span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 12px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">Indexing <strong> : Google Scholar dan Garba Rujukan Digital (Garuda).</strong></span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 12px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">Contact <strong> : Citizen.education89@gmail.com | +62 812-3974-8289</strong></span></p> <p style="margin: 0cm; font-size: 12px; font-family: 'Calibri',sans-serif; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Times New Roman',serif;">Publisher<strong> : <a href="https://unimuda.e-journal.id/"><span style="color: blue;">Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong</span></a></strong></span></p>https://unimuda.e-journal.id/jurnalcitizen/article/view/7126Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme di SD Negeri Gegersari Kabupaten Cianjur2024-11-16T02:50:19+00:00Devi Andriyanideviandriyani892@gmail.comArnie Fajararniefajar@gmail.comJajang Hendar Hendawanjajang_hendra@stkippasundan.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses integrasi nilai-nilai karakter religiusitas, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan dalam pembelajaran, dampak dari integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS terhadap perkembangan karakter siswa, partisipasi guru dan siswa dalam proses integrasi pendidikan karakter, dan peran guru, hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, dan evaluasi program pendidikan karakter dilakukan di sekolah SD Negeri Gegersari Kabupaten Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. proses integrasi nilai-nilai, Guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk mengintegrasikan nilai-nilai seperti religiusitas, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan dalam kegiatan pembelajaran, dampak dari integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS berdampak positif pada perkembangan karakter siswa, Guru secara aktif mencari cara untuk menyisipkan nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran, Hambatan ini termasuk keterbatasan waktu, kurangnya sumber daya, dan resistensi dari siswa, hasil evaluasi menunjukkan bahwa meskipun ada kemajuan yang signifikan, masih terdapat area yang memerlukan perbaikan.</p>2024-09-15T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://unimuda.e-journal.id/jurnalcitizen/article/view/7125Upaya Pencegahan Sikap Intoleransi Antar-Umat Beragama Di Indonesia Demi Memperkuat Kesatuan Dan Persatuan Bangsa2024-11-16T02:50:20+00:00Toto Suryaditotosuryadi186@gmail.comM. Asif Nur Fauziasif.elek24@gmail.com<p>Istilah kerukunan antaragama identik dengan istilah toleransi. Harmoni adalah istilah yang diisi dengan isi makna yang baik dan damai. Intinya adalah hidup bersama dalam masyarakat dengan kesatuan hati dan setuju untuk tidak menciptakan perselisihan dan pertengkaran. Hidup dalam harmoni adalah impian semua orang. Perbedaan di satu sisi dapat menjadi kekuatan jika dikelola dengan baik dan profesional. Namun, jika tidak, perbedaan pandangan dunia antara negaranegara multikultural akan menjadi faktor disintegrasi bangsa dan konflik yang berkepanjangan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi membangun kerukunan umat beragama di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yaitu melacak buku-buku dan temuan-temuan dari studi kerukunan antaragama. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ada 6 strategi yang dapat dilakukan dalam membangun keharmonisan antar umat beragama, yaitu menginternalisasi toleransi, memelihara kekeluargaan (ukhuwah), saling menghormati dan menghargai, saling percaya dan menghindari prasangka, mengklarifikasi dan mengkonfirmasi informasi yang diperoleh dan bertindak adil.</p>2024-11-16T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##