Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Tingkat Konservatisme Akuntansi

  • Eskasari Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Almas Dhiya Hadinata Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ashar Mukhammad Akbar Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: SIZE, LEV, ROA, CONNACC

Abstract

Laporan keuangan merupakan gambaran kinerja suatu perusahaan. Manajemen diberikan fleksibilitas dalam memilih metode akuntansi yang digunakan salah satunya dengan menerapkan konservatisme akuntansi. Penelitian ini membahas tentang pengaruh ukuran perusahaan (SIZE), leverage (LEV), dan profitabilitas (ROA) terhadap tingkat konservatisme akuntansi (CONNACC) dalam perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sinyal. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi sebanyak 26 perusahaan dengan jumlah sampel per tahun 14 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap tingkat konservatisme akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,648. Untuk variabel leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat konservatisme akuntansi dengan nilai signifikansi 0,001. Sedangkan variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikansi terhadap tingkat konservatisme akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-12
How to Cite
Putri, E., Hadinata, A., & Akbar, A. (2022). Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Tingkat Konservatisme Akuntansi. Financial and Accounting Indonesian Research, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.36232/jurnalfairakuntansiunimuda.v2i2.3342

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.