Dampak Artificial Intelligence Terhadap Perekonomian

  • Satria Lintang Rachmadana Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Saiful Aminudin Alkusuma Putra Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Yusron Difinubun Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Artificial Intelligence, Ekonomi, penganguran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang implikasi ekonomi dan sosial dari Artificial Intelligence. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah systematic literature review yang menggunakan 225 artikel ilmiah bersumber dari databse scopus. Review artikel menggunakan aplikasi Vosviewer. Hasil penelitian mengungkapkan Artificial Intelligence merupakan sistem perangkat lunak yang dirancang oleh manusia yang, untuk menafsirkan data yang dikumpulkan dan memutuskan tindakan terbaik yang harus diambil untuk mencapai tujuan. tiga hal yang mempengaruhi perusahaan dalam memanfaatkan Artificial Intelligence, Pertama, teknologi baru mengarah pada penggantian langsung pekerjaan. Kedua peningkatan ketrampilan pekerja dalam mengoprasikan Artificial Intelligence. Ketiga adalah efek produktivitas. Keterbatasan penelitian ini adalah artikel yang digunakan hanya bersumber dari database scopus sehingga temuan penelitian tidak dapat menggambarkan secara komprehensif tentang isu Artificial Intelligence dalam perekonomian di dunia. Penelitian berikutnya perlu menggunakan artikel ilmiah yang bersumber dari database internasional bereputasi lainnya, seperti Web of Science dan Dimensionds Scholars.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-12
How to Cite
Rachmadana, S., Alkusuma Putra, S., & Difinubun, Y. (2022). Dampak Artificial Intelligence Terhadap Perekonomian. Financial and Accounting Indonesian Research, 2(2), 71-82. https://doi.org/10.36232/jurnalfairakuntansiunimuda.v2i2.3837

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.