Financial Statement Disclosure: Satu Tinjauan Keuangan Daerah

  • Yusron Difinubun Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Annisa' Khaerani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Uswatul Fajar Nur Fatimah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Tingkat Kekayaan Daerah, Jumlah Aset, Pengungkapan Laporan Keuangan Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai secara empiris pengaruh parsial antara tingkat kekayaan daerah, total aset daerah, terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Penarikan hipotesis penelitian menggunakan basis teori agensi dan teori signal, didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya yang mempunyai kesamaan variabel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder hasil akses data dalam publikasi. Menggunakan teknik statistik deskriptif dan Regresi linear berganda berbantuan SPSS 25.0 untuk analisis data. Selain itu dalam menjaga normalitas dan mencegah hetersokedastisitas, penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik. Penelitian berlokasi di Badan Pemeriksaan Keuangan dan Badan Pusat Statistik. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial variabel tingkat kekayaan daerah, berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah kabupaten kota di Sulawesi Selatan. Sedangkan jumlah aset berpengaruh negatif terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah kabupaten kota di Sulawesi Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
Difinubun, Y., Khaerani, A., & Fatimah, U. (2023). Financial Statement Disclosure: Satu Tinjauan Keuangan Daerah. Financial and Accounting Indonesian Research, 3(1), 55-63. https://doi.org/10.36232/jurnalfairakuntansiunimuda.v3i1.4372

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.