Pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing

  • Sabaria Sabaria Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Afni Khairunisa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Hamsiah Hamsiah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Rasio Likuiditas, Current Ratio, Quick Ratio, Kelancaran Fiansial

Abstract

Perusahaan mengembangkan usahanya dengan cara ekspansi salah satunya dengan melakukan initial offering public (IPO). Dalam melakukan Initial Offering Public (IPO) terdapat fenomena menarik yaitu underpricing. Fenomena underpricing merupakan fenomena dimana harga saham yang ditawarkan pada pasar perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasar sekunder. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan ukuran perusahaan terhadap underpricing. Populasi penelitian adalah perusahaan yang melakukan Initial Offering Public (IPO) di BEI 2018-2020. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan metode purposive samping dan di peroleh 77 sampel dari 161 perusahaan yang melakukan IPO. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap underpricing sedangkan ukuran perusahaan menunjukan hasil tidak berpengaruh terhadap underpricing pada perusahaan yang IPO di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
Sabaria, S., Khairunisa, N., & Hamsiah, H. (2023). Pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing. Financial and Accounting Indonesian Research, 3(1), 46-54. https://doi.org/10.36232/jurnalfairakuntansiunimuda.v3i1.4397

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.