Pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing
Abstract
Perusahaan mengembangkan usahanya dengan cara ekspansi salah satunya dengan melakukan initial offering public (IPO). Dalam melakukan Initial Offering Public (IPO) terdapat fenomena menarik yaitu underpricing. Fenomena underpricing merupakan fenomena dimana harga saham yang ditawarkan pada pasar perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasar sekunder. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan ukuran perusahaan terhadap underpricing. Populasi penelitian adalah perusahaan yang melakukan Initial Offering Public (IPO) di BEI 2018-2020. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan metode purposive samping dan di peroleh 77 sampel dari 161 perusahaan yang melakukan IPO. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap underpricing sedangkan ukuran perusahaan menunjukan hasil tidak berpengaruh terhadap underpricing pada perusahaan yang IPO di Bursa Efek Indonesia.
Downloads
Copyright (c) 2023 Sabaria Sabaria, Nur Afni Khairunisa, Hamsia Hamsia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.