Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Smp/Mts Muhammadiyah Di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat

  • Sulardi Sulardi
Keywords: : Pengaruh, Manajemen berbasis sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalitas guru, SMP/MTs Muhammadiyah Kabupaten Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh langsung: (1) Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong (2) Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong dan (3) Manajemen Berbasis Sekolah terhadap  Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Populasi adalah kepala sekolah dan wakilnya, komite sekolah, guru, dan Murid dari SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Sampel diambil dengan teknik Stratified Random Sampling sejumlah 191 orang.  Hasil penelitian, Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah  terhadap  Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara Iklim Organisasi Sekolah terhadap  Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah  terhadap  Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kesimpulan, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah  terhadap  Profesionalitas Guru, terdapat pengaruh yang signifikan antara Iklim Organisasi Sekolah terhadap  Profesionalitas Guru, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah  terhadap  Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchori at al. 2009. Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Cet. Ke-2. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Anwar, Qomari dan Syaiful Sagala. 2004. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, H. M. Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Agus Dharma. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Belajar Dari Pengalaman Orang Lain.http://re-searchengines.com/adharma2.html/14/6/2010
Bambangtrie. IKlim Organisasi . http://www.bambangtrie.com/?p=6 2009/03/05
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implmentasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Edisi I. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Made Pidarta. 2007. Landasan Kependidikan: stimulus ilmu pendidikan bercorak Indonesia. Ed. 2, Cet. 2. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah.cet.11. Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Murwani, Santosa et. al. 2008. Pedoman Tesis dan Disertasi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. UHAMKA PRESS. Jakarta.
Murwani, R. Santosa. 2008. Model Proposal. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta.
Published
2017-07-10