Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Smp/Mts Muhammadiyah Di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh langsung: (1) Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong (2) Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong dan (3) Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Populasi adalah kepala sekolah dan wakilnya, komite sekolah, guru, dan Murid dari SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Sampel diambil dengan teknik Stratified Random Sampling sejumlah 191 orang. Hasil penelitian, Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kesimpulan, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Profesionalitas Guru, terdapat pengaruh yang signifikan antara Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong.
Downloads
References
Anwar, Qomari dan Syaiful Sagala. 2004. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, H. M. Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Agus Dharma. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Belajar Dari Pengalaman Orang Lain.http://re-searchengines.com/adharma2.html/14/6/2010
Bambangtrie. IKlim Organisasi . http://www.bambangtrie.com/?p=6 2009/03/05
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implmentasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Edisi I. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Made Pidarta. 2007. Landasan Kependidikan: stimulus ilmu pendidikan bercorak Indonesia. Ed. 2, Cet. 2. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah.cet.11. Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Murwani, Santosa et. al. 2008. Pedoman Tesis dan Disertasi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. UHAMKA PRESS. Jakarta.
Murwani, R. Santosa. 2008. Model Proposal. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).