Menyoal Pemberdayaan Guru Matematika

  • Akhsanul In'am
Keywords: profesionalisme, pembelajaran matematika, dimensi pemberdayaan

Abstract

Pembelajaran matematika berkembang melalui berbagai model yang dikembangkan oleh para pakar. Kondisi tersebut menjadikan matematika bukan sebagai pelajaran yang sangat ditakuti oleh para siswa. Pengembangan model-model pembelajaran yang humanis, dapat dilakukan melalui pemberdayaan guru matematika. Terdapat enam dimensi untuk melakukan pemberdayaan guru, a) penglibatan dan pembuatan keputusan; b) peningkatan profesionalisme; c) status; d) kepercayaan diri; e) otonomi dan f) pengaruh. Melalui keenam dimensi tersebut profesionalisme guru dapat ditingkatkan yang mempunyai dampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan sebagai konsekuensinya adalah peningkatan kualitas prestasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahim A.R.(2005). Profesionalisme Keguruan Prospek dan Cabarannya. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka
Abrar, N., Baloch, A. G., & Ghouri, A. M. (2010). Attitude of secondary schools’ principles &
teachers toward inclusive education: Evidence from Karachi, Pakistan. European Journal of Social Sciences, 15(4), 573-582.
Adler, J., & Davis, Z. (2006). Opening another black box: Researching mathematics for teaching in mathematics teacher education. Journal for Research in Mathematics Education, 37, 270–296.
Ahmad Bazli S. (2004). The Educational Philosophy of Al Syaikh Muhammad Abduh. Kuala Lumpur:ISTAC
Ahmad, S. (2012). The Influence of Management Capabilities to the Effectiveness of School Implementation. International Journal of Economics Business and Management Studies, 1(3),104-113.
Bakhtiar. M. (1994). Membina Budaya Empowerment dalam Pengurusan Pendidikan. Makalah dipresentasikan di Seminar Nasional Pengurusan Pendidikan ke-4, Genting Hinghlands, 4-16 Nov 1994.
Çaka, F.S., (2012) The Relationship between the Self-efficacy and Life Satisfaction of Young Adults, International Education Studies; Vol. 5, No. 6; 2012. 123-1`30
Davis, B., & Simmt, E. (2006). Mathematics-for-teaching: An ongoing investigation of the mathematics that teachers (need to) know. Educational Studies in Mathematics, 61, 293–319.
Dedi S. (2003). Guru di Indonesia, Pendidikan, Pelatihan dan Perjuangannya sejak Zaman Kolonial hingga Reformasi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.
Published
2013-01-15