Dampak Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Madiun
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan model interaksi dan Hubberman tujuan Miles. Penelitian ini dilakukan untuk melaksanakan proses belajar mengungkapkan: 1) KTSP MAN 2 di Madiun, dalam pelaksanaan perencanaan KTSP dilakukan pada awal tahun ajaran, pelaksanaan atau implementasi kurikulum yang membuat komponen sekolah, 2) kinerja guru, dapat dilihat dari kemampuan perencanaan pembelajaran, yaitu pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, kemampuan proses pembelajaran, interaksi antara peserta didik dengan guru, antara peserta didik dan peserta didik dengan sumber daya antara belajar yang berbeda, keterampilan teknik evaluasi penilaian pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar bahwa siswa harus menguasai; 3) guru terhadap penerapan KTSP untuk pengembangan kinerja guru MAN 2 Madiun menekankan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.
Downloads
References
Depdiknas, (2005). Pembinaan Profesionalisme Tenaga pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas
Depdiknas. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia(edisi kedua). Jakarta: Balai Pustaka .
Hamalik Oemar, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi aksara. Jakarta: PT Bumi Aksara
Idris, J, (2005). Kompilasi Pemeikiran Pendidikan,. Taufiqiyah Sa’adah Banda Aceh dan Suluh Press
Muhaimin, (2010). Manajemen Pendidikan(cetakan kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Mulyasa, (2002). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nugroho Tri. (2006). Optimalisasi kinerja Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis
Kompetensi(KBK) pada mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 20 Surakarta. Skripsi. Surakarta: FKIP. UNS.
Rika Puji Astuti, (2010) Optimalisasi Kinerja Guru dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Gondang Rejo, skripsi, Surakarta : 2010
Sanjaya Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Satori Djam’an, (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukimun, (2011). Analisis pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk pengembangan kompetensi pedagogik guru SMK Negeri 2 Jiwan Kabupaten Madiun, tesis, Malang : 2011
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).