Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Di SMK Swasta Kab. Gowa
Abstract
Pelaksanaan SKTB pada SMK ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan kesesuaiam pelaksanaan kebijakan yang belum terlaksana dengan baik yaitu (1) Masih adanya pemahaman yang bervariasi mengenai kebijakan ini pada guru. (2) Guru belum memahami rencana penyusunan pembelajaran (RPP) dan Modul belajar sebagai pedoman dalam menjalankan program SKTB. (2) Guru masih Kurang paham bentuk penilaian tindak lanjut pada program SKTB terhadap hasil belajar siswa yang tidak tuntas (3) Kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Hal ini yang membuat peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui gambaran, tingkat pelaksanaan serta keberhasilan program meliputi kesesuaian pelaksanaan Program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan di SMK Swasta Kab. Gowa. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian pelaksanaan pembelajaran program SKTB Guru Produktif TKJ kelas XI di SMK Swasta Kab. Gowa. Berdasarkan Hasil penelitian komponen transaction (proses) dapat dilihat melalui data – data yang telah dideksripsikan sebelumnya. Adapun data- data tersebut adalah sebagai berikut yakni kesesuaian transaction (proses) 20% cukup sesuai dan 80% sesuai. Berdasarkan hasil proses analisis data dalam penelitian evaluasi ini, maka dapat disimpulkan bahawa kesesuaian pelaksanaan pembelajaran program SKTB guru produktif TKJ kelas XI di SMK Swasta Kabupaten Gowa terletak pada kriteria sesuai program SKTB.
Downloads
References
Anonim, peraturan Daerah kabupaten Gowa Nomor 10, tahun (2013), tentang implementasi pelaksanaan SKTB. Gowa: Hukum Perundang –undang sekertariat daerah..
Arikunto,Suharmisi (2014). Edisi revisi 2 : Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto (2006). Model Pembelajaran. Penerbit Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiono. (2010). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Copyright (c) 2019 Nini Rahayu Ashadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).