Keinginan Belajar Matematika Siswa dengan Nilai Matematika Siswa Kelas IV SDN 16 Parabek Bangkaweh

  • Mai Sri Lena UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Maulidia Annisa UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Gita Yulia Miranda UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Hendriani Zora Hastuti UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Ilzha Rhamadhani UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Keywords: interest in learning, learning outcomes, mathematics, student

Abstract

Penelitian ini bertujuanmuntuk melihat korelasi keinginan belajar matematika tehadap hasilbbelajar matematika siswa kelas IV SD. Keinginan belajar merupakannsuatu kebiasaan yang tetap diperhatikan dan mengingat kegiatanmyang dilakukan. Sedangkan hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang didapat individu melalui kegiatanbbelajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi yaitu penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, kemudian melihat hubungana antara ddua variabel atau lebiih dari data ynag diperoleh Sampel penelitiannini pesera didik kelas IV SDN 16 Parabek Bangkaweh dengan jumlah siswa 27 orang. Data penelitian ini didapatkanmelalui angket dan hasil belajar siswa dan diolah dengan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keinginan belajar matematika siswa mempengaruhi hasil beelajar matematikappeserta didik kelass IV SDN 16 Parabek Bangkaweh. Semakin menurun keinginan belajar siswa makaaakan semakin rendah hasil belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-10