Sikap Implikasi Sosial, Adopsi Sikap Ilmiah dan Ketertarikan Berkarir dibidang Fisika Sekolah Menengah Atas

Keywords: Sikap, fisika, pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika dari hasil deskripsi sikap siswa dengan menggunakan indikator implikasi sosial, adopsi dari sikap ilmiah dan ketertarikan berkarir di bidang fisika di SMAN 6 Batanghari. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan prosedur penelitian survei dengan instrumen yang digunakan adalah angket. Subjek penelitian ini adalah 156 siswa di SMAN 6 Batanghari. Hasil analisis yang diperoleh dari indikator Implikasi sosial dengan kategori baik berpersentase 44.9%. Indikator adosi dari sikap ilmiah berkategori baik dengan persentase 64.1%. Indikator ketertarikan berkarir di bidang fisika berkategori cukup dengan persentase 66%. Berdasarkan hasil tersebut, siswa di SMAN 6 Batanghari memiliki sikap yang baik terhadap pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, D. N., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explanation) dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi asam, basa dan garam kelas VII semester 1 SMP N 1 Jaten tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 16-23.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 1-8.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Chan, F., Nugroho, P., Pratama, R. A., & Septiasari, R. (2019). Identification: The effect of mathematical competence on pedagogic competency of prospective teacher. Humanities & Social Sciences Reviews (HSSR), 7(4), 85-92.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Anggraini, L. (2019). Correlation between confidence with attitude toward science in secondary school in Indonesia. Beder Scientific Journal of Education Sciences ( BJES), 20(1), 30-45.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di sman kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59-64.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Kurniawan, N., & Anggraini, L. (2019). Evaluation of Student's Attitude toward Science in Indonesia. Open Journal for Educational Research, 3(1), 1-12.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Sari, D. K., & Kurniawan, W. (2019). Description of Scientific Normality, Attitudes of Investigation and Interested Career On Physics in Senior High School. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), 56-63.
Astalini, D., Kurniawan, D. A., & Destianti, A. (2019). Description of the Dimensions Attitudes towards Science in Junior High School at Muaro Jambi. Int. J. Sci. Basic Appl. Res.(IJSBAR), 47(1), 1-11.
Astalini, D., Pathoni, H., Kurniawan, W., Jufrida, D. A. K., & Perdana, R. (2019). Motivation and Attitude of Students on Physics Subject in the Middle School in Indonesia. International Education Studies, 12(9), 15–26.
Bang, E., & Baker, D. R. (2013). Gender differences in Korean high school students' science achievements and attitudes towards science in three different school settings. Online Submission, 3(2), 27-42.
Bybee, R., McCrae, B., & Laurie, R. (2009). PISA 2006: An assessment of scientific literacy. Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 46(8), 865-883.
Dari, R. W., & Nasih, N. R. (2019). Identifikasi Tingkat KPS Mahasiswa Praktikum Pembiasan Kaca Plan Paralel Menggunakan Panduan Praktikum Berbasis E-Modul. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya), 3(2), 47-57.
Darmaji, D. Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, W., Anwar, K., & Lumbantoruan, A. (2019). Students’ perceptions of electronic’s module in physics practicum. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 288-294.
Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Perdana, R. (2019). A study relationship attitude toward physics, motivation, and character discipline students senior high school, in Indonesia. International Journal of Learning and Teaching, 11(3), 99-109.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Suryani, A. (2019). Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(1), 1-7.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 516-523.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Samosir, S. (2019). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi dan Pendidikan Kimia terhadap Penggunaan Buku Panduan Praktikum Fisika Dasar Berbasis Mobile learning. EDUSAINS, 11(2).
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., Lumbantoruan, A., & Samosir, S. C. (2019). Mobile Learning in Higher Education for The Industrial Revolution 4.0: Perception and Response of Physics Practicum. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 13(09), 4-20.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Irdianti, I. (2018). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Materi Termodinamika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 345-353.
Darmawangsario, R. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 107-114.
Erdogan, S. C. (2017). Science Teaching Attitudes and Scientific Attitudes of Pre-Service Teachers of Gifted Students. Journal of Education and Practice, 8(6), 164-170.
Guido, R. M. D. (2018). Attitude and motivation towards learning physics. arXiv preprint arXiv:1805.02293.
Hacieminoglu, E. (2016). Elementary School Students' Attitude toward Science and Related Variables. International Journal of Environmental and Science Education, 11(2), 35-52.
Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di sma negeri 5 muaro jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 1-12.
Heridiansyah, J. (2012). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Kecap Pedas ABC di Kota Semarang). Jurnal STIE Semarang, 4(2), 53-73.
Hindarto, N., & Edie, S. S. (2013). Analisis Kebiasaan Bekerja Ilmiah Mahasiswa Fisika Pada Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(1). 85-91.
Hoyi, R., Putri, Y. E., & Ngaliman, N. (2019). Identification of students’attitudes on multiple learning interest and social implications of science subject. Jurnal Tarbiyah, 26(2).
Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan teamwork skills terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41-48.
Juan, A., Reddy, V., Zuze, T. L., Wokadala, C., & Hannan, S. (2016). Does it matter whether students enjoy learning science?: exploring student attitudes towards science in South Africa. Human Sciences Research Council, 1-6.
Kaniawati, I., Samsudin, A., Hasopa, Y., Sutrisno, A. D., & Suhendi, E. (2016, August). The influence of using momentum and impulse computer simulation to senior high school students’ concept mastery. Journal of Physics: Conference Series, 739(1), 012060.
Kurniawan, D. A., & Susanti, A. (2018). Attitudes of College Students on the Subject of Mathematical Physics III in Physics Education Program of Jambi University. The Educational Review, USA, 2(11), 505-513.
Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Sari, D. K. (2019). An evaluation analysis of students’ attitude towards physics learning at senior high school. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23(1), 26-35.
Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kurniawan, W. (2019). Identification Attitudes of Learners on Physics Subjects. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(1), 39-48.
Lumbantoruan, A., Irawan, D., & Siregar, H. R. (2019). Keterampilan Proses Sains dalam Praktikum Fisika. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 1-12.
Maison, M., Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Indrawati, P. S. (2019). Science process skills and motivation. Humanities & Social Sciences Reviews (HSSR), 7(5), 48–56.
Maison, M., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., Dewi, U. P., & Kartina, L. (2019). Analysis of science process skills in physics education students. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23(2).
Maretika, L. D., & Kurniawan, D. A. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Ipa Terhadap Calon Guru Sekolah Dasar Pgsd Fkip Universitas Jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 41-49.
Puspitasari, T. O., Putri, Y. E., & Yohanes, Y. (2019). Sikap Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 79-85.
Puspitasari, T. O., Sari, N., Putri, Y. E., & Jannah, N. (2019). Attitude; Physics Learning Concentration. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 13-19.
Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 299-311.
Putra, D. S., Lumbantoruan, A., & Samosir, S. C. (2019). Deskripsi Sikap Siswa: Adopsi Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu Belajar Fisika dan Ketertarikan Berkarir di Bidang Fisika. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 91-100.
Rosdianto, H., & Toifur, M. (2017). Implementasi Teori Distribusi Probabilitas Gaussian Pada Kualitas Rangkaian Penyearah Gelombang Penuh. SPEKTRA: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 2(1), 83-90.
Veloo, A., Nor, R., & Khalid, R. (2015). Attitude towards physics and additional mathematics achievement towards physics achievement. International Education Studies, 8(3), 35-43.
Wiza, O. H., & Putra, D. S. (2019). Sikap Implikasi Sosial, Kesenangan dan Ketertarikan Berkarir di Bidang IPA di SMPN 17 Batanghari. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(2), 121-127.
Yance, R. D. (2013). Pengaruh penerapan model project based learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1(1). 48–54.
Published
2020-02-10