https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/issue/feed Jurnal Pendidikan 2019-10-18T02:00:07+00:00 Anang Triyoso atriyoso@yahoo.com Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (perubahan bentuk dari STKIP Muhammadiyah Sorong) pada tahun 2013. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.<br><strong>e-ISSN</strong>&nbsp;<a href="http://u.lipi.go.id/1362566468" target="_blank" rel="noopener">2337-7593<br></a><strong>DOI PREFIKS 10.36232</strong></p> https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/287 Penggunaan Metode Eksperimen untuk Memahami Macam-Macam Gaya yang Bekerja pada Suatu Benda Bagi Siswa Kelas IV di SD Negeri 25 Moko Waisai Kabupaten Raja Ampat Tahun Ajaran 2018/2019 2019-09-18T03:02:11+00:00 Khadijah Khadijah azillahabiee@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 25 Moko Waisai Kabupaten Raja Ampat mengenai gaya yang bekerja pada benda melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan metode ekperimen dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. (2) Pada Aspek mendengarkan penjelasan siklus I sebesar 93% dan siklus II sebesar 100%. Aspek mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 68% dan siklus II sebesar 86%. Aspek memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 93%&nbsp; dan siklus II sebesar 100%. Aspek bertanya siklus I sebesar 41% dan pada siklus II sebesar 68%. Aspek menjawab pertanyaan siklus I sebesar 37% dan siklus II sebesar 75%.&nbsp; Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap partisipasi aktif siswa pada Standar kompetensi memahami macam-macam gaya yang bekerja dalam kehidupan manusia. (3) Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 82,03 dan meninglat menjadi sebesar 87,93 pada siklus II.</p> 2019-07-22T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/297 Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sd Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere 2019-09-18T03:08:12+00:00 Yohanes Ehe Lawotan helawotan@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru melalui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SD Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere berjumlah 7 orang dipilih dengan menggunakan teknik <em>purpossive sampling</em>. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diolah dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah melakukan diskusi dalam pengambilan kebijakan yang akan diterapkan oleh sekolah, kepala sekolah melakukan evaluasi dengan memeriksa perangkat pembelajaran, kehadiran guru, prestasi belajar siswa dan keaktifan guru dalam kegiatan pelatihan (diklat), seminar, workshop, dan bimtek untuk menambah wawasan guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya melalui pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Kepala sekolah melakukan supervisi administrasi pembelajaran, administrasi kelas, mengevaluasi hasil supervisi, dan menindaklanjuti hasil supervisi. Prestasi kelulusan siswa setiap tahunnya mencapai 100% lulus. Ini membuktikan bahwa siswa memiliki peningkatan pada hasil belajar dan dengan demikian terlihat peningkatan kompetensi profesional guru melalui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).</p> 2019-08-30T03:52:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/299 Pengaruh Media Animasi pada Pembelajaran Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 14 Waigama 2019-09-18T02:30:43+00:00 Endah Pebriani Rahman endah.febriani.rahman@gmail.com Asrul Asrul asrulidrus18@gmail.com fathurrahman fathurrahman fathurphysics@gmail.com Indri Anugrah Ramadhani indianugrah18@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V di SD Negeri 14 Waigama Misool Utara.&nbsp; Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian kerja kelompok serta lembar tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Data menunjukkan rata-rata skor observasi guru (peneliti) dan siswa sebesar 100%&nbsp; dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata – rata <em>pretest</em> 38,75%,&nbsp; rata – rata <em>posttes</em>t 71%, hasil uji reliabilitas diperoleh <em>Cronbach‟s Alpha</em> untuk instrument test sebesar 0,704 yang berarti memiliki reliabilitas baik. Uji normalitas hasil belajar <em>pretest</em> siswa kelas V memiliki taraf signifikansi 0,259 &gt; 0,05 sedangkan hasil belajar <em>postest</em> siswa kelas V memiliki taraf signifikansi 0,906 &gt; 0,05. Uji hipotesis diperoleh t<sub>hitung</sub> sebesar 2.204 dengan dk = n – 1 (20-1=19) diperoleh t<sub>tabel </sub>&nbsp;sebesar 1.729. Berdasarkan hasil analisi data nilai yaitu t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> (2.204 &gt; 1.729), dengan besarnya taraf signifikansi 0,05, yakni (0,040 &lt; 0,05) maka Hipotesis diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran suhu dan kalor terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SD Negeri 14 Waigama Misool Utara.</p> 2019-09-18T02:30:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/300 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok melalui Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas V di SD Inpres 33 Kabupaten Sorong 2019-09-18T02:34:39+00:00 Saniyah Saniyah saniyah21@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Volume kubus dan balok bagi Siswa Kelas V di SD Inpres 33 Kabupaten Sorong melalui Pendekatan Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action and Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan siswa sebanyak 30 orang. Pada pelaksanaannya yang terdiri dari 2 siklus, yaitu Siklus I dilaksanakan selama empat kali pertemuan dan Siklus II dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Pengambilan data menggunakan Tes Akhir Siklus dan Observasi. Hasil belajar matematika siswa kelas V pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual selama dua siklus dengan hasil sebagai berikut (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 50,66 dari nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 20. (2) Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran Siklus I dengan pendekatan kontekstual dengan nilai rata-rata 58,66 dari nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40. (3). Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual Siklus II berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 68,67 dari nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50.</p> 2019-09-18T02:34:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/301 Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar 2019-09-18T03:00:19+00:00 Rahmah Kumullah rahmahkumullah71@gmail.com Ahmad Yulianto yuliantoahmad463@gmail.com Ida Ida idaidaa1234@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media flash card pada siswa kelas I SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Inpres Paccerakkang sebanyak 29 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja keterampilan membaca permulaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi rating scale dan soal tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media flash card pada siswa kelas I SD Inpres Paccerakkang mengalami peningkatan dengan baik. Hal ini terbukti dari pencapaian rerata pada pratindakan persentasenya sebesar 41,38%, pada siklus I meningkat menjadi 58,62% dan pada siklus II menjadi 82,76%. Hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 59,38% meningkat menjadi 84,37% pada siklus II. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor aspek ketepatan, lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara. Langkah-langkah penelitian dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan media flash card.</p> 2019-09-18T03:00:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/302 Kemampuan Penyelesaian Soal Open Ended Berbasis Problem Solving Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong 2019-09-18T05:37:28+00:00 Syamsulrizal Syamsulrizal syamsulrizal05@gmail.com Nia Sugiarti Aruan niasugiartiaruan@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal <em>open-ended</em> berbasis <em>problem solving</em>. Motode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kulitatif dengan subjek siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong yang di kelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan yaitu dua orang siswa berkemampuan rendah, dua orang siswa berkemampuan sedang dan dua orang siswa berkemampuan tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tahap memahami masalah untuk kelomopok kemampuan Tinggi termasuk kategori baik mencapai 100%, kategori kelompok kemampuan Sedang termasuk kategori baik mencapai 75%, dan kelompok kemampuan&nbsp; Rendah juga termasuk dalam kategori baik mencapai 75%. Tahap menyusun rencana pemecahan masalah untuk kelomopok kemampuan Tinggi termasuk kategori baik 100%, kategori kelompok kemampuan&nbsp; Sedang termasuk kategori cukup 50%, dan kelompok kemampuan&nbsp; Rendah juga termasuk dalam kategori cukup 58,3%. Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah kelomopok kemampuan Tinggi (T1,T2) termasuk kategori baik 100%, kategori kelompok kemampuan&nbsp; Sedang termasuk kategori cukup 54,2%, dan kelompok kemampuan&nbsp; Rendah&nbsp; juga termasuk dalam kategori cukup 58,3%. Tahap mengecek kembali. Kategori kelomopok kemampuan Tinggi&nbsp; dalam mengecek kembali termasuk kategori baik 100%, kategori kelompok kemampuan&nbsp; Sedang (S1, S2)&nbsp; termasuk kategori kurang 33,3%, dan kelompok kemampuan&nbsp; Rendah juga termasuk dalam kategori kurang 33,3%.</p> 2019-09-18T05:37:28+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/303 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Di SMK Swasta Kab. Gowa 2019-10-07T05:42:43+00:00 Nini Rahayu Ashadi Nini.rahayu.ashadi@unm.ac.id <p>Pelaksanaan SKTB pada SMK ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan kesesuaiam pelaksanaan kebijakan yang belum terlaksana dengan baik yaitu (1) Masih adanya pemahaman yang bervariasi mengenai kebijakan ini pada guru. (2) Guru belum memahami rencana penyusunan pembelajaran (RPP) dan Modul belajar sebagai pedoman dalam menjalankan program SKTB. (2) Guru masih Kurang paham bentuk penilaian tindak lanjut pada program SKTB terhadap hasil belajar siswa yang tidak tuntas (3) Kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Hal ini yang membuat peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui gambaran, tingkat pelaksanaan serta keberhasilan program meliputi kesesuaian pelaksanaan Program&nbsp; Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan di SMK Swasta Kab. Gowa. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian pelaksanaan pembelajaran program SKTB Guru Produktif TKJ kelas XI di SMK Swasta Kab. Gowa. Berdasarkan Hasil penelitian komponen transaction (proses) dapat dilihat melalui data – data yang telah dideksripsikan sebelumnya. Adapun data- data tersebut adalah sebagai berikut yakni kesesuaian <em>transaction </em>&nbsp;(proses) 20% cukup sesuai dan 80% sesuai. Berdasarkan hasil proses analisis data dalam penelitian evaluasi ini, maka dapat disimpulkan bahawa kesesuaian pelaksanaan pembelajaran program SKTB guru produktif TKJ kelas XI di SMK Swasta Kabupaten Gowa terletak pada kriteria sesuai program SKTB.</p> 2019-10-07T05:42:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/304 Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Model Examples Non Examples pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong Tahun pelajaran 2016/2017 2019-10-12T02:59:41+00:00 Alice Fransisca Soplanit alicesoplanit@gmail.com <p>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas <em>(Classroom Action and Research)</em> yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan menggunakan model pembelajaran <em>Examples Non Examples</em> pada siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A yang terdiri atas 32 siswa yang terdiri atas 10 &nbsp;laki-laki dan 22 perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1). Kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong dalam menulis surat pribadi dapat ditingkatkan. Hal ini terbukti pada hasil tes setelah tindakan. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa hanya 48,75 % atau kategori kurang, kemudian pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 82,75 % atau kategori baik, artinya mengalami peningkatkan sebesar 81,22 % Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik lagi daripada siklus I, yaitu menjadi 97,69 %, Dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 95,10 % bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Hasil penelitian non tes melalui pengamatan, wawancara, dan jurnal siswa juga menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan metode examples non examples.</p> 2019-10-12T02:59:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/305 Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam tentang Menerima Qada’ dan Qadar melalui Pendekatan Saintifik bagi Siswa Kelas VI di SD Inpres 33 Kabupaten Sorong 2019-10-12T03:12:18+00:00 Syaida Syaida syaida2019@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Sub tema Menerima Qada’ Dan Qadar Melalui Pendekatan Saintifik. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan siswa sebanyak 20 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan Tes Akhir Siklus dan Observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik selama dua siklus dengan hasil sebagai berikut : (1) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebelum pembelajaran dengan pendekatan Saintifik berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 62,5 dari nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 50. (2) Hasil belajar Agama siswa setelah&nbsp; pembelajaran Siklus I dengan pendekatan saintifik dengan nilai rata-rata 72.5 dari nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60. (3). Hasil belajar Agama siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan Saintifik Siklus II berada dalam kategori&nbsp; sedang&nbsp; dengan nilai rata-rata 84,5 dari nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65. (4) Terjadi peningkatan kehadiran siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan (5) Terjadi peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam.</p> 2019-10-12T03:12:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/313 Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pokok Bahasan Peredaran Darah Siswa Kelas V SD Inpres 14 Kabupaten Sorong 2019-10-18T02:00:07+00:00 Sulistiyanto Sulistiyanto sulistiyanto@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Prestasi&nbsp; belajar&nbsp; bagi siswa di SD Inpres 14 Kabupaten Sorong melalui pemanfaatan Pendekatan Kontektual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas <em>(Classroom Action Research)</em> yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan metode Pendekatan Kontektual dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. (b) Pemanfaatan model kontektual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72 % meningkat menjadi 85 % pada siklus II.</p> 2019-10-18T02:00:07+00:00 ##submission.copyrightStatement##