Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD YPK Getsemani Warwanai

  • Mursalim Mursalim Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Tabita Adonia Rumbarak Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Hasil Belajar; IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD YPK Getsemani Warwanai. Penelitian ini merupakan penelitian pre-exsperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD YPK Getsemani Warwanai berjumlah 22, sedangkan sampel penelitian adalah kelas IVa dengan jumlah siswa 11. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata belajar kelas eksperimen 89,09 dan kelas kelas kontrol 57,73, dan nilai thitung sebesar 14,644 dengan signifikansi 0,000. Hasil uji paired t-test dari data kelas kontrol diperoleh nilai thitung> ttabel (11,066>2,228), nilai kelompok eksperimen yaitu thitung> ttabel (14,644>2,228). Namun thitung pada kelompok eksperimen lebih besar dari thitung kelompok kontrol dengan besar taraf Sig (2-tailed) 0,000<0,05 sehingga dapat H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya dari perhitungan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD YPK Getsemani Warwanai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, D. (2011). Peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada siswa kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Ayu Al Khaerunisa. (2012). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Membuat Hiasan Pada Busana (Embroidery) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di SMK Karya Rini Yogyakarta.

Ayu Febriana. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang,1(2).

Dian Vita Sari. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pada Mata Pelajaran IPS KELAS V Tahun Ajaran 2018/2019.

Dwi Indah Rahayuningsih 1, Mustaji 2, W. T. S. 3. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,4(2).

Efi Yulia. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XII IPS DI SMA Yadika Natar Tahun 2018.

Ghullam Hamdu, L. A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar, 12(1).

Harisandy, R. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Keas XI pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan Rendah SMK 1 Sedayu melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation).

Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-16.

Krisno Prastyo Wibowo, M. (2015). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS, 2(2).

Muhammad Iqbal. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Kotekstual Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis.

Najib, A. (2012). Pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa,9(20).

Nur’Ainun. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTS Yayasan Pendidikan Pesantren Rahmat Hamparan Perak.

Resmiyati, E. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswi pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat.

Rischa Awal Sari. (2017). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 4 Takalar Kabupaten Takalar.

Sjukur, S. B., Negeri, S. M. K., Kab, S., & Bumbu, T. (n.d.). Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK The Effects Of Blended Learning On The Learning Abstract : The Effects of Blended Learning on the Learning Motivation and Achievement Students in,2(November 2012).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Solekhah, I. M., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 372-378.

Tahar, I. E. (2016). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh,7(2).

Umbaryati. (2013). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika, 2(1).

Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(1), 76-84.

Wiwik Sulistiana Dewi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Hands On Mathematics Berbantuan LKPD Yang Terintegrasi Pada Simbol-Simbol Keislaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik.

Yesi Budiarti. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran Ips, 3(1).

Yuliastuti, H. (2014). Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad.

Yulidar. (2018). Pengaruh LKPD Berbasis Komik Didaktis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTSN 6 Aceh Besar Pada Materi Gerak Lurus.

Yunani. (2015). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dalam Mengenal Malaikat dan Tugasnya Melalui Metode Make a Match di Kelas IV SD Negeri 103 Palembang.

Published
2021-07-21