Media Video Animasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

  • Margi Wahyuning Astuti Universitas Pgri Semarang
  • Fajar Cahyadi Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Keywords: Canva; Video Animasi; Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Canva dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) melalu, dengan fokus pada pembuatan media pembelajaran berbasis video animasi yang terutama mengarah pada konsep perkalian. Pendekatan yang digunakan dalam proses pengembangan konten ini adalah melalui model ADDIE, yang melibatkan serangkaian tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil analisis capaian hasil belajar siswa menunjukkan rata – rata 96,94 yang berada pada rata –rata >80 (kategori sangat tinggi). Skor ini meningkat sangat signifikan dibanding sebelum melakukan penelitian yang berada pada rata - rata 71,67 bahwa media pembelajaran video animasi  berbasis Canva yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1 pada pembelajaran matematika materi perkalian secara signifikan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Canva dapat menjadi solusi terhadap rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian pada siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiawan, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video animasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Pagar Alam. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 194-203.

Arwudarahcman, D., W. Setiadarma, dan Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video animasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03(03), 237-243.

Fikri, H. dan A. S. Madona. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fujiyanto, A., A. K. Jayadinata, dan D. Kurnia. (2016). Penggunaan Media Video animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841-850.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video animasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104-113.

Hardianti, S. (2018). Penggunaan Media Video animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPI Darul Hikmah Makassar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Janati, W. R., A. Rahayu, dan D. Wijayanti. (2023). Pengembangan Media Video animasi pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. IJLES Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 10-20.

Mahendra, Y. M., A. Laila, dan N. N. Santi. (2020). Pengembangan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menghubungkan Siklus Hidup dan Pelestariannya. IBRIEZ: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(1), 119-132.

Ninawati, M., Rahmiati, dan N. Wahyuni. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Video animasi Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pademangan Barat 11 Jakarta Utara. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 64-73.

Nurcahyanti, R. M. dan F. Tirtoni. (2023). Media Pembelajaran Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(1), 265-270.

Nurfadhillah, S., L. Delia, D. Utami, S. Delilah, H. R. E. Immawan. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video animasi pada Saat Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN Gondrong 3. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 276-288.

Nurhayati, E. F., A. Widyaningrum, dan F. Reffiane. (2018). Pengembangan Media Audiovisual Ul-Boo pada Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kelas 3 SD Negeri Kedalon 02. Jurnal Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, 1-17.

Pagarra, H., A. Syawaluddin, W. Krismanto, Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Pradilasari, L., A. Gani, dan I. Khaldun. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video animasi pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 07(01), 9-15.

Prasetiya, R., Pratjojo, dan V. Purnamasari. (2017). Pengembangan Media Video animasi (Video) Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 04 Mejobo Kudus. Seminar Nasional PGSD 2017 tema "Menyiapkan Generasi Unggul Melalui Pembelajaran Bermakna", 930-948.

Sangila, M. S., Asran, dan I. Ardianto. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video animasi Yang Interaktif Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 6(1), 115-124.

Siregar, M. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 4(2), 618-622.

Zanah, A. R., D. Lusiyana, dan J. Rahmatudin. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video animasi Berbasis Youtube untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 297-312.

Published
2024-05-31