https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/issue/feed Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 2024-06-01T03:51:10+00:00 Asrul asrulidrus18@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang (pendidikan bahasa indonesia, pendidikan IPA, pendidikan Matematika, Pendidikan IPS, dan PJOK), Literasi, Proses Berpikir, Pengembangan Pembelajaran serta Pengembangan Kurikulum. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan dasar yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli pada tahun 2019 hingga 2023 namun mengingat naskah usulan semakin meningkat maka mulai tahun 2024 hingga sekarang terbitan menjadi tiga kali setahun yakni bulan Januari, mei, dan September.<br>ISSN:&nbsp;<a href="http://u.lipi.go.id/1570859939" target="_blank" rel="noopener">2715-5110</a>&nbsp;<br><strong>DOI PREFIKS 10.36232</strong></p> https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5097 Persepsi Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VA SD Negeri 36 Kota Sorong 2024-05-11T08:10:38+00:00 Maria Tugakeri mtugakeri@gmail.com Supriyati Fatma Rabia supriyati@gmail.com Surya Putra Raharja suryaputraraharja@gmail.com <p>Orang tua memiliki persepsi terhadap capaian prestasi belajar peserta didik sebagaimana lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan siswa yang paling utama, karena di dalam keluarga inilah siswa pertama kalinya mendapatkan pendidikan serta bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua serta prestasi belajar peserta didik pada pembelejaran di sekolah dasar. Penelitian ini berupa penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, interview dan dokumentasi. Tempat pengambilan data di lakukan di SD Negeri 36 Kota Sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan siswa kepada berbagai hal seperti pendidikan, kebudayaan, nilai serta norma-norma kehidupan bermasyarakat itu di mulai dalam lingkungan keluarga. Dengan adanya bimbingan orang tua di rumah tentunya akan sangat membantu menumbuhkan semangat belajar anak. karena orang tua itu harus memberikan bimbingan kepada anaknya dengan berbagai macam cara apapun. prestasi belajar peserta didik mengalami perubahan yang positif dengan adanya bimbingan orang tua saat belajar di rumah.</p> 2024-05-11T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5966 Peningkatan Ekoliterasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Model PjBL pada Materi Pelestarian Lingkungan 2024-05-31T13:57:32+00:00 Refi Mutiara Putri refimutiara33@gmail.com Vanda Rezania vanda1@umsida.ac.id <p>Rendahnya kesadaran dan pengetahuan ekoliterasi lingkungan peserta didik memerlukan solusi yang tepat dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Kesadaran lingkungan dapat mempengaruhi tingkat hasil belajar peserta didik. Kesadaran lingkungan dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan ekoliterasi dan hasil belajar peserta didik melalui model PJBL pada materi konservasi lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggar, penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data penelitian diambil dari pemberian lembar kuesioner pengetahuan ekoliterasi dan tes hasil belajar pada materi pelestarian lingkungan. Subjek penelitian adalah 15 peserta didik kelas V SDN Candipari 1 Porong Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata pengetahuan ekoliterasi dan hasil belajar peserta didik. Hasil pengetahuan ekoliterasi peserta didik dari kegiatan pra siklus sebesar 52,33%, siklus I sebesar 67%, dan siklus II meningkat sebesar 82%. Sedangkan rata-rata persentase hasil belajar peserta didik dari kegiatan pra siklus sebesar 52%, siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 83%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran Model PJBL meningkatkan ekoliterasi dan hasil belajar peserta didik</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5973 Minat dan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar 2024-05-31T14:05:49+00:00 Nanda Ihsan Setia Budi n.ihsan.s.b@gmail.com Ika Ari Pratiwi ika.ari@umk.ac.id Lovika Ardana Riswari lovika.ardana@umk.ac.id <p>Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit siswa. Kesulitan yang dialami siswa pada materi garis bilangan, pecahan campuran, dan pembagian porogapit. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan minat dan motivasi belajar matematika pada siswa. Subjek penelitian ini yaitu pada siswa kelas VI SD Negeri 4 Bringin dengan jumlah 4 siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki minat belajar matematika yaitu; a) siswa bertanya kepada guru ketika belum memahami materi; b) siswa selalu hadir mengikuti proses pembelajaran matematika di kelas; c) siswa tertarik pada pembelajaran matematika; d) siswa mampu menjawab pertanyaan tentang matematika yang diberikan guru. Siswa yang memiliki motivasi belajar ditunjukkan dengan sikap siswa yaitu; a) siswa sering mengerjakan tugas matematika yang diberikan guru; b) siswa mau belajar matematika di rumah; c) siswa yang tetap belajar matematika di sekolah meskipun dalam pelaksanaan pembelajaran tidak pernah menggunakan media pembelajaran, serta siswa yang tetap belajar matematika di rumah meskipun tanpa didampingi orang tua. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar matematika setiap siswa kelas VI SD Negeri 4 Bringin berbeda.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6007 Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Gotong Royong 2024-05-31T14:12:48+00:00 Atiya Farhah atiyafarhah.aha@gmail.com Ujang Jamaludin ujangjamaludin@untirta.ac.id Damanhuri Damanhuri damanhuri@untirta.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan, tingkat validitas, dan respon peserta didik terhadap E-Modul Pendidikan Pancasila bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Gotong Royong dengan bahasan karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah untuk kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE. Analisis deskriptif skala Guttman untuk menganalisis data. Kriteria Sugiyono untuk angket ahli dan Riduwan untuk angket peserta didik kemudian digunakan untuk interpretasi. Subjek pada penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas 1 SDN Tegal Cabe tahun ajaran 2024/2025. Hasil dari penelitian ini adalah produk pengembangan berupa E-Modul Pendidikan Pancasila kelas 1 sekolah dasar. Berdasarkan hasil validasi produk, dari ahli materi memperoleh skor sebesar 87,1 % dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media memperoleh skor sebesar 90,7% dengan kriteria sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh skor sebesar 91,4% dengan kriteria sangat layak. Maka, keseluruhan persentase produk memperoleh skor rata-rata sebesar 89,7% dengan kriteria sangat layak, serta respons peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 98% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu, E-Modul Pendidikan Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 1 sekolah dasar sangat layak dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik di kelas 1 SD.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6044 Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD 2024-06-01T03:51:10+00:00 Nur Andini andininur.195@gmail.com Tri Linggo Wati trilinggowati@umsida.ac.id <p>Penelitian ini didasarkan dari hasil analisis di SDN Singopadu yakni&nbsp; untuk melakukan penelitian mengenai Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD, dengan tujuan untuk mengetahui penerapan media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa Kelas IV SDN Singopadu Tulangan Jenis penelitian artikel ini adalah penelitian pengembangan RnD (research and development). RnD yaitu penelitian untuk menghasilkan suatu produk kemudian diuji kegunaannya pada peserta didik, model yang digunakan adalah model ADDIE. Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis pendekatan Kontektual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SD dikatakan telah memenuhi kriteria valid dengan presentase validitas 98,3%, praktis dengan presentase 93,9%, efektif dengan presentase keefektifan 88%, dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa kelas IV 0,73 dimana dalam interpretasi N-Gain 0,7 “Tinggi” dan keefektifan hasil belajar berdasarkan presentase N-Gain sebesar 73,27% masuk dalam interpretasi keefektifan hasil belajar 56%-75% dinyatakan “Cukup Efektif”. Sehingga media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran siswa di kelas, serta mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6047 Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VI SD 2024-05-31T14:32:06+00:00 Alvionita Dwi Yolandika alvionitayolaa37@gmail.com Sumarli Sumarli sumarliphysics@gmail.com Slamat Fitriyadi ahmadfitriyadi521@gamail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VI SD. (2) mendeskripsikan kecerdasan sosial siswa kelas VI SD. (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VI SD.Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 61 siswa terdiri dari kelas VIA 20 siswa, VIB 21 siswa, dan VIC 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan instrumen angket. Angket terdiri dari angket penggunaan media sosial 38 soal dan angket kecerdasan sosial 34 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase deskripsi dan uji regresi sederhana dengan menggunakan SPSS. Bahwa pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VI SD ditemukan hasil (1) Penggunaan Media Sosial Siswa Kelas VI SD memiliki nilai rata-rata 53,36 dengan kreteria sedang.&nbsp; (2) Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VI SD memiliki nilai rata-rata 64,11 dengan kreteria tinggi. (3) Tidak ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VI SD dengan nilai signifikansi 0,844 &gt; 0,05. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan siswa kelas VI SD.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6256 Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Local wisdom Papua Barat Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD) 2024-05-31T14:34:30+00:00 Ahmad Yulianto paudasesor86@gmail.com Indri Anugrah Ramadhani indrianugrahramadhani@unimudasorong.ac.id Intan Ani Purnama intan@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis <em>local wisdom</em> Papua Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa SDIT Mutiara Insan Kabupaten Sorong Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian <em>One Grub pretest postest</em>. Penelitian ini menggunkan tiga pengujian untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis <em>local wisdom </em>yaitu perama uji N-gain digunakan untuk mengetahui kategori peningkatan sebelum dan sesudah penggunaan modul, kedua Uji normalitas dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 26 untuk mengetahu data berdistribusi normal, ketiga Uji Paired Sample T-test untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Hasil n-gain score menunjukan nilai rata-rata 0,77&gt;0,7 sehingga dikategorikan tinggi. Sedangkan uji t-test menunjukan signifikan sebesar 0,000&lt;0,005 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis <em>local wisdom</em> Papua Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga perlu untuk terus dikembangkan modul pembelajaran yang berbasis <em>local wisdom </em>karena terbukti mampu untuk menarik perhatian siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6055 Pengaruh Media Buku Interaktif Digital terhadap Hasil Belajar Materi Keberagaman Budaya Indonesia Siswa Kelas V 2024-05-31T14:41:16+00:00 Evina Novianti evinanovianti81@gmail.com Feri Tirtoni feri@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran buku interaktif digital terhadap hasil belajar materi keberagaman budaya Indonesia siswa kelas 5 SD Negeri Kenongo 1. Jenis penelitian ini menggunakan metode Eksperimen jenis Pre – Eksperiemntal yang menggunakan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas 5 SD Negeri Kenongo 1 dengan menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi berupa wawancara, kuisioner, dokumentasi dan tes. Data Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata rata pre test sebesar 59,58 dan nilai rata rata post test sebesar 81,25. Sedangkan hasil uji hipotesis pada data hasil belajar menunjukkan bahwa hasil uji paired sample T-Test memiliki t - hitung sebesar 9.649 dengan dk = n-1 (24-1 = 23) t – tabel sebesar 1,713 serta signifikansi (2-tailed) 0,000. Menurut panduan dasar pengambilan keputusan bahwa apabila nilai signifikansi &lt; 0,05, sehingga dinyatakan media pembelajaran buku interaktif digital berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas 5.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6355 Metode Diskusi dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar 2024-05-31T14:44:31+00:00 Krisdayanti Fifi Bless krisdayantififi@gmail.com Desti Rahayu destirahayu@gmail.com Asrul Asrul asrul@unimudasorong.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Inpres 111 Temel Kabupaten Maybrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan jenis Pretest Posttest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas V sebanyak 15 orang yang ditentukan berdasarkan penarikan sampling jenuh. Jenis pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan instrument penelitian lembar observasi untuk memperoleh data penerapan metode diskusi dan instrumen tes untuk mendapatkan data hasil belajar IPA. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok memperoleh hasil positif, pemahaman materi dan konsep dari IPA dengan metode pembelajaran diskusi ini menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan metode diskusi. hasil uji t menunjukan signifikansi terhadap hasil posttest adalah 0,001 &lt; 0,05 dan nilai t hitung 3.791 &gt; t tabel 2.057 dimana H0 di tolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode diskusi pada pembelajran IPA.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6068 Penguatan Karakter Berkebhinekaan Global melalui Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar 2024-05-31T14:50:15+00:00 Nur Lailatur Rohmah nurlailaturrohmah11@gmail.com Supriyadi Supriyadi supriyadi@umsida.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan profil pelajar Pancasila melalui karakter berkebhinekaan global pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan di sekolah dasar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V, dan guru ekstrakurikuler di SDN Glagaharum. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler karawitan dalam melakukan penguatan karakter berkebhinekaan global pada siswa melalui tiga kegiatan, yaitu mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman berkebhinekaan. Terdapat faktor pendukung pada ekstrakurikuler karawitan yaitu lingkungan sekolah, peserta didik, dan lingkungan masyarakat sedangkan faktor penghambatnya adalah ukuran alat yang dimainkan terlalu besar untuk peserta didik di tingkat kelas rendah. Dengan adanya penguatan karakter berkebhinekaan global melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan memberikan dampak pada siswa dalam menerapkan toleransi melalui perilaku siswa yang saling menghargai atas keberagaman dan bertoleransi terhadap perbedaan suku, serta ras di lingkungan sekolah.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6183 Media Video Animasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar 2024-05-31T14:57:40+00:00 Margi Wahyuning Astuti margiwahyuningastuti14@gmail.com Fajar Cahyadi fajar@gmail.com Muhammad Arief Budiman arief@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Canva dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1. Jenis penelitian ini yaitu <em>Research and Development</em> (R&amp;D) melalu, dengan fokus pada pembuatan media pembelajaran berbasis video animasi yang terutama mengarah pada konsep perkalian. Pendekatan yang digunakan dalam proses pengembangan konten ini adalah melalui model ADDIE, yang melibatkan serangkaian tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil analisis capaian hasil belajar siswa menunjukkan rata – rata 96,94 yang berada pada rata –rata &gt;80 (kategori sangat tinggi). Skor ini meningkat sangat signifikan dibanding sebelum melakukan penelitian yang berada pada rata - rata 71,67 bahwa media pembelajaran video animasi&nbsp; berbasis Canva yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1 pada pembelajaran matematika materi perkalian secara signifikan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Canva dapat menjadi solusi terhadap rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian pada siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6048 Analisis Karakter Gotong Royong Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar 2024-05-31T15:57:17+00:00 Tasya Dwi Amalia tasyaamalia1309@gmail.com Machful Indrakurniawan machfulindra.k@umsida.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter gotong royong siswa melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan 6 siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Randegan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan P5 terdapat siswa yang kurang memperhatikan dan tidak membantu ketika mengerjakan tugas kelompok. Banyak juga siswa yang bersemangat ketika pembelajaran karena melalui P5 mereka belajar hal baru yang sebelumnya belum pernah di dapatkan. Siswa yang melaksanakan P5 dengan baik akan membantu teman yang lainnya untuk tetap mengerjakan tugas kelompok bersama-sama sehingga siswa dapat mengetahui perannya dalam kelompok. Dalam P5 terdapat beberapa tahap yang harus dilaksanakan yaitu tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. Pada tiap tahap dalam P5, siswa diajarkan pentingnya gotong royong antar sesama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya P5 dapat menjadi solusi untuk menguatkan karakter gotong royong siswa, karena dalam pelaksanaan P5 membutuhkan banyak kerja sama.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4742 Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong 2024-05-31T15:46:31+00:00 Marta Dwi Kridiarmanela kridiarmanela@gmail.com Anis Alfian Fitriani anisfitrianiallin21@gmail.com Muhammad Faizin muhammadfaizin@gmail.cm <p>Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian <em>ex-post facto</em>, penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian memeriksa kebelakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian dibentuk dalam wujud angka yang di analisis dengan statistic dan hasilnya di deskripsikan. Tehnik pengambilan data metode observasi, tehnik angket dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunnakan analisis deskriptif uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji hipotesisi kecenderungan variabel penggunaan gawai tergolong pada kategori tinggi dengan nilai rata- rata 32,96; minat belajar tergolong pada kategori tinggi dengan rata- rata 82 hasil dari observasi minat belajar tergolong pada kategori tinggi dengan rata-rata 42,666. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa kelas VI C Sd Inpres 12 Kabupaten Sorong yang di tunjukan pada nilai korelasi (R) sebesar 0,232 dan nilai signifikansi 0,264 &gt; 0,05 serta nilai korelasi determinan (R2) sebesar 0,54.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5834 Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar 2024-05-31T16:32:34+00:00 Retno Primantiko retnoprimantiko8@gmail.com Iswan Iswan iswanfipumj@gmail.com Desti Rahayu destirahayu@unimudasorong.ac.id <p>Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk implementasi konsep Kurikulum Merdeka yang diterapkan untuk mendukung mutu Pendidikan di Indonesia yang mana diharapkan dalam penanaman penguatan karakter dan pengembangan kompetensi, melatih kemampuan pemecahan masalah serta bertanggung jawab dan peduli terhadap isu sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran implementasi program profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa yang ada di kurikulum Merdeka serta melihat strategi guru dalam penerapannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I dan kelas IV yang terdiri dari 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang digunakan merupakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila yang diterapkan di SD Negeri 3 Kabupaten Sorong sudah berjalan dengan baik, hal ini sejalan dengan temuan peneliti yang mana strategi digunakan guru antara lain; pembelajaran berdiferensiai, pembelajaran dengan projek dan pembiasaan. Namun masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru saat belajar dikelas. Keberhasilan penerapam strategi ini menuntuk guru agar senantiasa kreatif dalam merancang pembelajaran. Selain itu faktor lingkungan keluarga dan sosial sangat mempengaruhi pembentukan karakter siswa.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/6056 Analisis Indikator Nilai Karakter Pancasila dalam Buku Pendidikan Pancasila Kelas IV pada Kurikulum Merdeka 2024-06-01T02:57:50+00:00 Nindi Eka Agista nindi.eka17@gmail.com Feri Tirtoni feri@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter dalam perilaku atau kebiasaan sehari-hari dengan baik bagi peserta didik agar peserta didik mempunyai sikap yang baik dalam perkataan maupun tindakan agar menjadi warga negara yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah 18 nilai karakter diantaranya Nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleran, nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai kreativitas, nilai kemandirian, nilai demokratis, nilai rasa keingintahuan, nilai semangat kebangsaan, nilai kecintaan terhadap tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif/bersahabat, nilai cinta perdamaian, nilai senang membaca, dan nilai kepedulian terhadap terhadap lingkungan, nilai kepedulian terhadap sesama, nilai bertanggung jawab. Dan subjek dalam penelitian ini adalah buku siswa Buku Pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh CV. Wahana Karya Jaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dokumen analisis (documentary analysis) atau Penelitian Kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik diharapkan mampu berpikir secara faktual, semakin inovatif, menjadi pribadi cerdas, berakhlak mulia, mandiri, kreatif, dan peduli terhadap sesama sesuai dengan profil pelajar pancasila. Peserta didik juga dapat meningkatkan perkembangannya sesuai dengan pembelajarannya sehingga dalam 18 nilai karakter tersebut merupakan hal penting bagi peserta didik dalam membangun nilai karakter dalam memperoleh tantangan baru dalam kehidupan.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##