Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar <p>Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang (pendidikan bahasa indonesia, pendidikan IPA, pendidikan Matematika, Pendidikan IPS, dan PJOK), Literasi, Proses Berpikir, Pengembangan Pembelajaran serta Pengembangan Kurikulum. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan dasar yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli pada tahun 2019 hingga 2023 namun mengingat naskah usulan semakin meningkat maka mulai tahun 2024 hingga sekarang terbitan menjadi tiga kali setahun yakni bulan Januari, mei, dan September.<br>ISSN:&nbsp;<a href="http://u.lipi.go.id/1570859939" target="_blank" rel="noopener">2715-5110</a>&nbsp;<br><strong>DOI PREFIKS 10.36232</strong></p> en-US asrulidrus18@gmail.com (Asrul) jurnalpapeda20@gmail.com (Email Jurnal) Wed, 17 Jan 2024 02:08:53 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas IV SD Negeri Banyudono dalam Proyek Profil Pancasila Festival Permainan Tradisional https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4725 <p>Inti permasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu kemampuan kolaborasi siswa kelas IV SD Negeri Banyudono yang dinyatakan rendah dalam implementasi proyek profil Pancasila. Adapun tujuan penelitian ini guna mendeskripsikan kemampuan kolaborasi siswa dalam proyek profil Pancasila dengan kegiatan festival permainan tradisional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SD Negeri Banyudono, Rembang. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang diterapkan berupa angket dan lembar observasi, kedua instrumen penelitian tersebut telah dinyatakan valid serta reliabel melalui proses uji coba instrumen dan validasi ahli. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, didapati rata-rata dari keseluruhan indikator kemampuan kolaborasi sebesar 73,07% berkategori sedang, dengan rincian rata-rata pada tiap indikatornya ialah: indikator berkomunikasi sebesar 72,80% berkategori sedang, indikator berpendapat sebesar 68,40% berkategori sedang, indikator bekerja dengan produktif sebesar 70,80% berkategori sedang, indikator berkompromi sebesar 73,40% berkategori sedang, indikator mengelola proyek dengan baik sebesar 75,20% berkategori sedang, dan indikator bertanggung jawab sebesar 77,80% berkategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kolaborasi siswa kelas IV masih berada dalam kategori sedang, sehingga perlu dilaksanakan pembaruan terhadap pola interaksi antar siswa dalam sistem pembelajaran proyek profil Pancasila.</p> Julaita Putri Haryanti, F. Shoufika Hilyana, Moh. Syaffruddin Kuryanto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4725 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5220 <p>Kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka belajar berfungsi sebagai Educator, Manajer, Administrator, Supervisior, Leader, Inovator, Motivator. Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri 02 Waisai dan faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka. Menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka bisa dikatakan sudah baik, kepala sekolah mampu menggerakkan, mengarahkan anggota secara tepat, memberikan bimbingan kepada guru dalam rangka rapat-rapat, mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan dan pembinaan, memberikan fasilitas baik sarana dan prasaran yang mendukung IKM di sekolah, monitoring dan evaluasi dengan mengadakan rapat secara rutin. Kepala sekolah sangat berperan dalam implementasi kurikulum merdeka, meskipun masih ada beberapa hambatan yang perlu diatasi, diantaranya beberapa guru yang masih beradaptasi dengan perubahan pembelajaran, orang tua yang kurang berperan aktif. Faktor pendukungnya yaitu fasilitas sarana dan prasarana, sosialisasi kurikulum merdeka belajar, peran guru, serta peran orang tua. Bisa dikatakan bahwa Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 02 Waisai sudah baik. Peran kepala sekolah merupakan kepemimpinan yang melaksanakan perannya sebagai pendidik, supervisor dan pemimpin secara visioner dalam pengimplementasian kurikulum merdeka.</p> Nur Almaidah Rumasukun, Muhammad Faizin, Gika Apia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5220 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4787 <p>Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan kreativitas siswa yang cenderung meniru apa yang dilakukan oleh guru. Sehingga siswa tidak dapat mengetahui potensi kreativitas dalam dirinya. Oleh karena itu, guru membantu dan memfasilitasi berbagai keterampilan untuk mengembang kreativitas siswa melalui pembelajaran yang aktif salah satunya adalah pembelajaran <em>project based learning</em>. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil kreativitas karya dekoratif siswa dalam pembelajaran seni budaya berbasis <em>project based learning</em> pada kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pendekatan narasi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD 5 Gondangmanis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kreativitas dalam pembelajaran <em>project based learning</em> termasuk dalam kategori sangat baik. Bentuk indikator kreativitas siswa terdiri dari kelancaran, keluwesan/fleksibilitas, keaslian, dan elaborasi dtermasuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran <em>project based learning</em> siswa mampu mengembangkan kreativitasnya membuat karya dekoratif.&nbsp;</p> Widya Sinta Kumala Sari, Nur Fajrie, Lintang Kironoratri ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4787 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4471 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif Jean Piaget dan implemetasinya pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Sumber data berasal dari buku, jurnal, dan hasil penelitian. Analisis data dilakukan melalui <em>content analysis</em>.&nbsp; <em>Content analysis</em> merupakan teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan dalam upaya menemukan ciri-ciri suatu pesan, dan dilakukan secara objektif dan sistematis yang terkandung dalam media komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan implikasi teori Piaget, peserta didik harus dapat difasilitasi untuk belajar secara mandiri melalui keadaan yang diciptakan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu, dalam belajar IPA yang biasanya kebanyakan menghitung dan menganalisa contoh soal disarankan menggunakan metode pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa seperti metode <em>discovery learning</em> dan pembelajaran kontekstual. Pendidik sebagai fasilitator harus dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar serta berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan bukan sebatas menyampaikan isi dari suatu bahan ajar kepada peserta didik.</p> Eti Endang Kusmiati, Widartiningsih Widartiningsih, Endang Fauziati, Muhibbin Muhibbin ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4471 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas III SD YPK Inamo Kabupaten Sorong https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5620 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media PAKAPINDO Terhadap Hasil Belajar Tematik kelas III SD YPK Inamo Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan Pre-Exprerimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media papan kantong pintar doraemon sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes performance, lembar observasi dan dokumentasi kegiatan proses pembelajaran<em>. </em>Teknik analisis data terdiri dari tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil uji reliabilitas diperoleh <em>Cronbach’s Alpha </em>sebesar 0,803 yang berarti reliabiltas baik. Uji normalitas hasil belajar <em>pretest </em>peserta didik kelas III memiliki signifikan 0,234 &nbsp;0,05 edangkan <em>posttest </em>memiliki signifikansi 0,059 &nbsp;0,05&nbsp; Uji hipotesis diperoleh T<sub>hitung </sub>&nbsp;sebesar 25.480 dengan dk = n – 1 (14-1 = 13) diperoleh t<sub>tabel </sub>sebesar 1.771 hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 dimana 0,000 &nbsp;0,05 maka nilai sig lebih kecil dari 0,05 hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh penggunaan media papan kantong pintar doraemon terhadap hasil belajar tematik kelas III SD YPK Inamo Kabupaten Sorong.</p> Rindiani Putri Irianti, Anis Alfian Fitriani, Syams Kusumaningrum ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5620 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4717 <p>Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan yang ditemukan di kelas V SDN 4 Gununglipung, yaitu peserta didik memiliki motivasi belajar yang kurang, disebabkan karena dalam pembelajaran guru yang tidak bervariasi, hal ini menyebabkan peserta didik mudah bosan ketika melaksanakan kegiatan pemebelajaran karena kegiatan pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan motivasi belajar peserta didik. Subjek penelitian berjumlah 22 peserta didik 11 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa dukumenter, penyebaran angket dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis, kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Numbered Heads Together </em>(NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yang dibuktikan dengan meningkatnya persentase analisis angket skor motivasi belajar, pada pra siklus sebesar 50,54%, siklus I sebesar 69,09%&nbsp; meningkat pada siklus II menjadi 76,40%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan jika model pembelajaran kooperatif tipe <em>Numbered Heads Together </em>(NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.</p> Muna Mutiara, Geri Syahril Sidik, Riza Fatimah Zahra ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4717 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4694 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV antara yang menggunakan pendekatan saintifik dan yang menggunakan pendekatan konvensional. Jenis pendekatan penelitian ini ialah kuantitatif <em>quasi experiment </em>&nbsp;dengan desain&nbsp; <em>non-equivalent control group</em>. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat, sebanyak 60 siswa dan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa diambil dari sampel penelitian. Yaitu, kelas IV A dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi &amp; soal <em>essay</em> sebanyak 15 butir. Uji hipotesis sebelum dilakukan pengujian dengan menggunakan uji-t diperoleh Wina Amelia, Candra Puspita Rini, Rizki Zuliani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4694 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penggunaan Metode Reading Guide terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5162 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode <em>reading guide</em> terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong. Penelitian ini merupakan desain eksperimen tipe <em>one-group pretest-posttest design</em>. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode <em>reading guide</em> dan variabel terikatnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes (<em>pretest/posttest</em>). Teknik analisis data terdiri dari 3 tahap observasi dan dekriptif data , uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas butir instrumen <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> yang diperoleh sebesar 0,430. Dari hasil analisis data diperoleh deskriptif data <em>pretest</em> nilai mean sebesar 42,5241 sedangkan <em>posttest</em> mean sebesar 73,0138. Dari analisis data diperoleh uji normalitas sig sebesar 0,200 &gt; 0,05, maka data berdistribusi normal. Hasil uji one sample <em>T-tes</em>t dari data posttest diperoleh <em>Thitung</em> &gt;<em>Ttabel</em> yaitu 46,364 &gt;2,052 dengan besar taraf <em>Sig</em> (2-<em>teiled</em>) sebesar 0,001&lt; 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 di tolak, dapat simpulkan bahwa metode <em>reading guide</em> memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong.</p> Ahmad Yulianto, Ribut Purwojuono, Tri Wahyuni ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5162 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Prokrastinasi Akademik Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas VI SD https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5783 <p>Prokrastinasi akademik menjadi isu penting dalam pembelajaran matematika di kalangan siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi fenomena prokrastinasi akademik yang terjadi pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI di sekolah dasar Negeri 44 Buton. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara guru dan siswa. Analisis data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik yakni mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik dalam pembelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ketidakpahaman konsep, rasa takut akan kegagalan, dan rendahnya motivasi intrinsik. Implikasi dari penelitian ini menyoroti perlunya pendekatan pembelajaran yang memperhatikan perbedaan individual siswa, merangsang motivasi intrinsik, dan menciptakan lingkungan yang mendukung dalam proses pembelajaran matematika. Prokrastinasi akademik dalam pembelajaran matematika di kalangan siswa kelas VI sekolah dasar dipengaruhi oleh faktor internal, seperti kelelahan dan kurangnya motivasi. Kurangnya manajemen waktu dapat menimbulkan perilaku prokrastinasi. Oleh sebab itu, penting bagi guru dan orang tua untuk membantu siswa untuk mengatasi prokrastinasi, termasuk membantu siswa memahami pentingnya manajemen waktu dan memotivasi diri dalam belajar matematika dan meningkatkan prestasi belajar di Sekolah Dasar.</p> Almuhaimin Sarnav Ituga, Alman Alman ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5783 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Kata https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4790 <p>Proses pembelajaran yang efektif memerlukan dukungan model dan media pembelajaran yang interaktif serta sesuai dengan keadaan kelas. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa di SD N 2 Logede dalam pembelajaran di kelas yang menerapkan model <em>Make A Match</em> berbantuan media kartu susun suku kata dengan muatan Bahasa Indonesia materi cerita fabel. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran <em>Make A Match</em> dengan berbantuan media kartu susun suku kata, aktivitas belajar siswa di kelas II SD N 2 Logede mengalami peningkatan sebesar 18% dengan rincian pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 69%, kemudian meningkat&nbsp; pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 81%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran <em>Make A Match</em> berbantuan media kartu susun suku kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas II SD N 2 Logede dengan materi cerita fabel muatan Bahasa Indonesia yang dibuktikan dengan tercapainya persentase kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu sebesar 75%.</p> Yunika Ciptaning Tyas, Much. Arsyad Fardani, Lintang Kironoratri ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4790 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Kelas 5 SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5201 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dan faktor-faktor penghambat serta pendukungnya di kelas 5 SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi dan catatata lapangan. teknik analisis data adalah kualitatif interaktif yang melibatkan empat tahap utama yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Aimas. Penelitian ini menunjukkan bahwa GLS telah berhasil diterapkan sejak 2016, dengan fokus pada membaca, menulis, dan bercerita. Faktor-faktor pendukung keberhasilan ini meliputi dukungan guru yang antusias dan fasilitas perpustakaan yang nyaman. Namun, ada hambatan seperti kurangnya fasilitas perpustakaan dan dampak perubahan kurikulum. Minat siswa dalam literasi dianggap penting untuk keberhasilan GLS. Penelitian ini juga membahas solusi potensial dan implikasi teoritis untuk meningkatkan literasi siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang implementasi GLS di SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong, serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya dan potensi solusi untuk meningkatkan literasi siswa.</p> Minarti Watem, Desti Rahayu, Asrul Asrul ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5201 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Problematika Kognitif Anak Disabilitas di SD IT Muhammadiyah Al-Kautsar https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4656 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan disabilitas kognitif pada anak usia sekolah dan problematika kognitif pada anak disabilitas usia Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kajian pustaka dan wawancara. Kajian pustaka berupa buku, jurnal, dan dokumen yang relevan dengan penelitian. Adapun teknik wawancara digunakan untuk menjawab problematika disabilitas kognitif yang ada di SDIT Muhamamdiyah Al-Kautsar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Sekolah Dasar terdapat kendala pembelajaran/disabilitas kognitif yaitu disleksia, disgrafia, diskalkulia, disfraksia, dan ADHD. Di SDIT Muhamamdiyah Al-Kautsar yang merupakan sekolah non-inklusi ditemukan siswa dengan problematika kognitif sebagai berikut: disleksia, dispraksia, ADHD, dan siswa dengan riwayat penyakit fisik yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa. Siswa dengan penyandang disleksia, dispraksia mengalami problematika kognitif dalam bentuk menulis rapi dan kendala lancar membaca, menulis, dan berhitung. Siswa disfraksia secara umum mengalami kendala dalam hal komunikasi dan menulis rapi, siswa penyandang ADHD mengalami kendala dalam hal fokus belajar, sedangkan siswa dengan riwayat penyakit fisik mengalami kendala dalam pembelajaran yang bersifat kinestetik seperti pada mata pelajaran olahraga. Komunikasi yang baik antara pihak sekolah (guru kelas, BK, dan kesiswaan) dan orang tua sangat berpengaruh dalam mengatasi kendala disabilitas kognitif siswa.</p> Yustri Mindaryani, Darsinah Darsinah, Murfiah Wulandari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4656 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Daun Kering Berbasis Pendekatan STM pada Peserta Didik SDN Remo https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5548 <h1>Faktor penyebab kerusakan lingkungan khususnya di sekolah adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya pembuangan limbah yang benar. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru dapat menerapkan pembelajaran dengan pendekatan STM. Pendekatan STM merupakan satu diantara pendekatan pembelajaran kontekstual yang membantu peserta didik menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan daun kering untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengkaji pembelajaran berbasis STM. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dicapai melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknis, sedangkan teknik analisis data dicapai melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, diperoleh hasil bahwa peserta didik SDN Remo belum sadar akan kepedulian lingkungan. Beberapa sampah ditemukan di sekitar sekolah. Adanya tumpukan sampah di lingkungan sekolah menjadikan lingkungan sekolah terlihat kotor dan kumuh serta mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Guru mencoba mengatasi masalah ini dengan meningkatkan kesadaran lingkungan dengan mengajarkan peserta didik cara membuat kerajinan tangan dari daun-daun kering. Penelitian terhadap pemanfaatan daun kering di SDN Remo membentuk karakter peduli lingkungan pada peserta didik. Mengajarkan peserta didik untuk memanfaatkan daun-daun kering di sekitar sekolah. Menyertakan pendekatan STM memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman hidup, mengenal permasalahan, menemukan cara dan solusi penyelesaiannya. Selain itu, dapat memberikan wawasan tentang teknologi dan masyarakat.</h1> Sukma Ayu Kharismawati, Wahyu Wahyu, Deasy Arisanty, Bambang Subiyakto, Mutiani Mutiani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5548 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri Joho 01 Sukoharjo https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4681 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, hambatan dan solusi menghadapi hambatan implementasi profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SD Negei Joho 01 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas 1 dan 4 yang berjumlah 9 anak serta kepala sekolah. Sumber data yang digunakan yaitu hasil wawancara, dokumen dan catatan lapangan hasil observasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumberdan teknik. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan interaktif. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka sudah berjalan namun belum optimal. Hambatan yang sering tampak antara lain pada dimensi mandiri yaitu peserta didik masih kurang percaya diri, dan ada peserta didik yang selalu meminta bantuan guru atau teman dalam menyelesaikan tugas. Selanjutnya pada dimensi bernalar kritis seperti peserta didik belum mampu menangkap informasi yang disampaikan guru dengan tepat dan cepat. Terakhir, kurangnya pendanaan. Terdapat tiga solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. (1) Guru memberikan bimbingan dan memberikan stimulus kepada peserta didik agar ia percaya diri. (2) Guru membuat program gerakan literasi membaca dan mengarahkan peserta didik untuk diskusi kelompok agar peserta didik dapat berpikir kritis. (3) Mengadakan gerakan gemar menabung.</p> Auliya Nur Fauziah, Sri Mulyati, Meidawati Suswandari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/4681 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5938 <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji kevalidan <em>Pop-up Book</em> Materi Sistem Tata Surya berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (2) Mengkaji kepraktisan <em>Pop-up Book </em>Materi Sistem Tata Surya berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (3) Mengkaji pengembangan <em>Pop-up Book</em> Materi Sistem Tata Surya berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI di UPT SDN Negeri Begelenan 02 Kabupaten Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan <em>(Research and Development) </em>Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari lingkungan penelitian, yaitu UPT SDN Begelenan 02 Kabupaten Blitar, dengan subjek penelitian berjumlah 21 siswa kelas VI, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kevalidan media <em>Pop-up Book</em> Materi Sistem Tata Surya berbasis PjBL dilakukan melalui tahapan <em>analysis, design, development, implementasi, dan evaluasi.</em> Tahapan tersebut melibatkan obsevasi, validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli kepraktisan serta uji coba di lapangan dengan siswa kelas VI UPT SDN Begelenan 02 (2) Hasil kepraktisan produk menunjukkan hasil yang telah diolah dalam rumus presentase menjadi 100%. Skor tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran <em>Pop-up Book</em> berbasis PjBL dinyatakan sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. (3) Analisis data meningkatkan berpikir kritis menggunakan media pembelajaran <em>Pop-up Book</em> berbasis PjBL menunjukkan hasil skor&nbsp; 768 dari gain menunjukkan 70.3 dengan klasifikasi “Tinggi”.</p> Siti Nurkumala, Cindya Alfi, Mohamad Fatih ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/5938 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0000