Hubungan antara Pola Asuh Otoriter dan Perundungan Siber pada Siswa SMP Muhammadiyah Kabupaten Sorong
Abstract
Pola asuh dapat dijadikan prediktor dalam manifestasi perilaku individu. Salah satunya dapat dilihat dari bagaimana individu berperilaku baik di dunia nyata maupun maya. Individu yang dibesarkan dalam pola asuh yang membatasi cenderung melakukan penyalahgunaan teknologi sebagai bentuk pengekspresian kemarahan sebagai respon terhadap pola asuh yang diterapkan orangtua.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan perundungan siber yang dilakukan remaja. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Pola Asuh Otoriter dan Skala Perundungan Siber. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Kabupaten Sorong dengan rentang usia 12-15 tahun. (N=129). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola
asuh otoriter berhubungan dengan perundungan siber secara signifikan.