Strategi Coping dan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris hubungan antara strategi coping terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan strategi coping terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala strategi coping stres yang diadaptasi dari skala strategi coping stres yang dibuat oleh Achmadin (2015) berdasarkan aspek Problem Focused Coping dan Emotion focused coping yang dikembangkan oleh Lazarus dan Folkman. Kemudian skala yang kedua yaitu skala kecemasan berbicara di depan umum yang diadaptasi dari Pusvitasari (2013) yang mengacu pada teori kecemasan berbicara di depan publik yang disusun oleh Rogers. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang diterapkan berdasarkan tujuan dari penelitian. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 127 orang yang merupakan mahasiswa aktif di Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis dengan One Way Anova, menunjukkan adanya perbedaan tingkat penyesuaian diri ditinjau dari dua strategi coping yang dimiliki oleh mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05).