Efikasi Diri dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor Flourishing pada Dewasa Awal

  • Alifah Nabilah Masturah Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hudaniah Hudaniah Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Early adult, Flourishing, Self-efficacy, social support

Abstract

Abstrak. Kesehatan mental akan lebih berkembang dalam membantu manusia untuk hidup lebih produktif dan bermakna. Sehingga, tujuan kesehatan mental adalah flourishing. Orang yang flourish yakin akan kemampuan dirinya untuk memiliki hubungan sosial yang luas dan memuaskan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap flourishing pada dewasa awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif cross sectional dengan menggunakan teknik accidental sampling. Ada 201 perempuan dan 66 laki-laki. Pengukuran dilakukan menggunakan General Self-Efficacy Scale (GSE), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), dan Flourishing Scale (FS). Analisa data menggunakan regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri serta ketiga dimensi dukungan sosial secara bersama-sama mampu memprediksi flourishing (R=0,665; p<0,01). Selain itu, secara terpisah efikasi diri (B=0,434; p<0,01) serta dukungan keluarga (B=0,406; p<0,01) mampu memprediksi flourishing. Sedangkan, dukungan dari teman (B=0,063; p>0,05) dan significant other (B=0,110; p>0,05) tidak mampu memprediksi flourishing. Hasil lainnya menunjukkan bahwa flourishing memiliki korelasi dengan seluruh variabel terukur, yaitu: jenis kelamin (r=-0,161; p<0,01), profesi (r=0,183; p<0,01), usia (r=0,222; p<0,01), efikasi diri (r=0,552; p<0,01), dukungan keluarga (r=0,489; p<0,01), dukungan teman (r=0,346; p<0,01), serta dukungan dari significant other (r=0,382; p<0,01). Artinya, hanya efikasi diri dan dukungan keluarga yang mampu memprediksi flourishing. Akan tetapi, jenis kelamin, profesi, usia, efikasi diri, serta seluruh dukungan sosial memiliki hubungan dengan flourishing.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30
How to Cite
Masturah, A., & Hudaniah, H. (2022). Efikasi Diri dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor Flourishing pada Dewasa Awal. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 2(1). Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/jurnalpsikologiunimuda/article/view/2389

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.