Validitas Konstruk Skala Prososial pada Mahasiswa
Abstract
Skala Prososial pada mahasiswa telah banyak dihasilkan oleh riset-riset psikologi terdahulu, namun metode analisis yang digunakan masih menggunakan pendekatan teori klasik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali validitas skala prososial menggunakan teori model Rasch. Sebanyak 200 mahasiswa berusia 16–21 tahun dipilih secara acak dan menyelesaikan skala prososial yang terdiri dari 40 pertanyaan. Analisis data menggunakan pendekatan pemodelan Rash bertujuan untuk memeroleh gambaran mengenai ketepatan penggunaan Rash sebagai metode analisis, data dimensional, analisis skala peringkat, dan analisis aitem menggunakan model Rasch melalui versi perangkat lunak WINSTEP versi 5.1.7.0. Meskipun data berasal dari dimensi yang sama, tetapi terdapat beberapa temuan diantaranya ialah penggunaan pilihan jawaban Likert yang tidak efektif untuk skala Prososial yang dikenakan pada mahasiswa di Kabupaten Sorong.