Boneka Tangan Sebagai Media untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD

  • Syafira Putri Ekayani
  • Mira Aprilliani Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Riska Anggita Nawangsih Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
Keywords: media belajar kreatif, motivasi belajar, siswa

Abstract

Siswa SD Negeri X Kabupaten Sorong memiliki motivasi belajar yang rendah, sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa tidak mengalami peningkatan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuktikan pengaruh penggunaan boneka tangan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa di SD N X Kabupaten Sorong. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 13 siswa. Analisa dilakukan secara kuantitatif dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada subjek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara statistic media pembelajaran menggunakan boneka tangan tidak mempengaruhi motivasi belajar siswa SD Negeri 21 Kabupaten Sorong, namun ada pengaruh terhadap perubahan ketertarikan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut berarti bahwa media pembelajaran kreatif tidak signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa, namun dapat meningkatkan ketertarikan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31
How to Cite
Ekayani, S., Aprilliani, M., & Nawangsih, R. (2022). Boneka Tangan Sebagai Media untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 2(2), 78-84. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/jurnalpsikologiunimuda/article/view/3489