Pengaruh Permainan Tutup Botol Angka terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Aimas Kabupaten Sorong

  • Dian Septy Andhini Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Nurul Alia Ulfa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong

Abstract

Pengaruh Permainan Tutup Botol Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustahnul Athfal 6 Aimas Kabupaten Sorong. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Pengaruh Permainan Tutup Botol Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Aimas Kabupaten Sorong?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif melalui permainan tutup botol angka pada anak kelompok B. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design, yang bertempat di TK Aisyiyah Bustahnul Athfal 6 Aimas kabupaten sorong. dengan subjek 20 anak, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kemudian data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan hasil uji SPSS v.25, diperoleh nilai thitung sebesar 7.857 sedang dari tabel distribusi t dengan taraf signifikan 5% diperoleh 2.086. ternyata nilai thitung lebih besar dari ttabel atau nilai thitung telah berada didalam daerah penerimaan H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan menolak H0. Hal ini menunjukan Permainan Tutup Botol Angka bertpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustahnul 6 Aimas Kabupaten Sorong.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
Andhini, D., Marjuk, Y., & Ulfa, N. (2023). Pengaruh Permainan Tutup Botol Angka terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Aimas Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 3(1), 71-80. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/jurnalpsikologiunimuda/article/view/4044