Meningkatkan Minat Baca Siswa Tuna Rungu menggunakan Metode Membaca Ujaran pada Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi di UPT SDN 13 Gresik
Abstract
Metode membaca ujaran adalah salah satu metode pembelajaran yang efektif dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa tuna rungu. Siswa tuna rungu mengalami keterbatasan dalam penguasaan kosa kata dan memaknai kata karena mereka tidak memiliki pembendaharaan kosakata dalam otaknya. Dengan menggunakan metode membaca ujaran akan memudahkan siswa tuna rungu dalam proses peningkatan minat belajar. Metode membaca ujaran merupakan salah satu metode pembelajaran berbahasa bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu yang bertujuan agar penderita mengerti pembicaran orang melalui gerak bibir lawan bicara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa tuna rungu dengan menggunakan metode membaca ujaran di UPT SDN 13 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen Pre-Experimenal dan rancangan penelitian one group prettest-posttest. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, pretest dan posttest, pretest dan postets dilakukan dengan berpacu pada indikator minat baca milik Safari tahun 2003. Teknik analisis data yang digunakan adalah gain score. Berdasarkan hasil analisis gain score menunjukan hasil bahwa metode membaca ujaran efektif digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa tuna rungu di UPT SDN 13 Gresik, hal itu ditunjukan dengan adanya peningkatan minat baca pada subjek setelah dilaksanakan intervensi menggunakan metode membaca ujaran walaupun nilainya tidak begitu signifikan
Downloads
Copyright (c) 2023 Fatimah Aljufri, Awang Setiawan Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.