Analisis Keaktifan Belajar Mahasiswa Psikologi Islam dalam Mengikuti Perkuliahan Offline
Abstract
Penelitian ini membahas peran keaktifan belajar mahasiswa Psikologi Islam di tingkat perguruan tinggi, dengan fokus pada pembelajaran aktif dan observasi terhadap aspek keterlibatan. Keaktifan belajar menjadi kunci dalam mencapai tujuan pembelajaran, dan penelitian menyoroti tantangan seperti penggunaan handphone selama perkuliahan. Hasil observasi menunjukkan tingkat keaktifan, percaya diri, dan tanggung jawab mahasiswa. Dalam konteks pembelajaran, perubahan metode, seperti penerapan small group discussion, diidentifikasi sebagai langkah efektif. Temuan ini memberikan implikasi untuk perancangan pembelajaran inklusif dan berorientasi pada mahasiswa, dengan penekanan pada peningkatan kepercayaan diri melalui dukungan komunikasi dan psikososial.
Downloads
Copyright (c) 2023 Adzra Latifah, Kinanti Dartanyan, Nida Khafiyya Ar Ridha, Rahmawati Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.