Pengembangan Alat Ukur Academic hardiness pada Mahasiswa menggunakan Pemodelan Rasch

  • Adinda Shofia Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Ika Retno Priani Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Nabila Farah Fadilah Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Novita I.C. Ganlanjdinjdinay Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong

Abstract

Ketahanan akademik (academic hardiness) merupakan sebuah konstruk yang mewakili bagaimana mahasiswa cenderung merespons terhadap stres akademik. Konstruk ini konstruk lama dalam literatur psikologi. Namun, belum ada alat ukur yang divalidasi untuk digunakan pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument pengukuran academic hardiness pada mahasiswa. Analisis dilakukan menggunakan pemodelan Rasch. Hasil analisis ditemukan bahwa instrument memiliki nilai validitas dan reliabilitas yang baik, meskipun berasal dari dimensi pengukuran yang berbeda. Berdasarkan uji skala peringkat, ditemukan bahwa respon opsi respon disederhanakan agar memudahkan partisipan dalam memahami aitem. Total sebanyak 112 aitem yang dikembangkan, kemudian sebanyak 43 aitem misfit, dan sebanyak 23 aitem teridikasi bias gender dan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-31
How to Cite
Shofia, A., Priani, I., Fadilah, N., & Ganlanjdinjdinay, N. (2023). Pengembangan Alat Ukur Academic hardiness pada Mahasiswa menggunakan Pemodelan Rasch. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 3(2), 168-180. https://doi.org/10.36232/jipmconnectedness.v3i2.5711