Pengembangan Alat Ukur Academic hardiness pada Mahasiswa menggunakan Pemodelan Rasch
Abstract
Ketahanan akademik (academic hardiness) merupakan sebuah konstruk yang mewakili bagaimana mahasiswa cenderung merespons terhadap stres akademik. Konstruk ini konstruk lama dalam literatur psikologi. Namun, belum ada alat ukur yang divalidasi untuk digunakan pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument pengukuran academic hardiness pada mahasiswa. Analisis dilakukan menggunakan pemodelan Rasch. Hasil analisis ditemukan bahwa instrument memiliki nilai validitas dan reliabilitas yang baik, meskipun berasal dari dimensi pengukuran yang berbeda. Berdasarkan uji skala peringkat, ditemukan bahwa respon opsi respon disederhanakan agar memudahkan partisipan dalam memahami aitem. Total sebanyak 112 aitem yang dikembangkan, kemudian sebanyak 43 aitem misfit, dan sebanyak 23 aitem teridikasi bias gender dan pendidikan.
Downloads
Copyright (c) 2023 Adinda Shofia, Ika Retno Priani, Nabila Farah Fadilah, Novita I.C. Ganlanjdinjdinay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.