Penerapan Menulis Ekspresif Terhadap Penurunan Kecenderungan Self Injury pada Mahasiswa

  • Nurul Ilma Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Murdiana Universitas Negeri Makassar
Keywords: mahasiswa, menulis ekspresif, self injury

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi menulis ekspresif pada penurunan tingkat kecenderungan self injury pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada rentang usia 18-23 tahun yang pernah melakukan self injury setidaknya 5 kali dalam setahun terakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design berbentuk one group pre-test and post-test design. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 5 mahasiswa di Kota Makassar. Data dikumpulkan melalui skala self injury yang disusun oleh peneliti dan diberikan sebelum dan setelah pemberian intervensi. Hasil analisis Wilcoxon Matched Pairs menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.043 (p<0.05), dengan penurunan rata-rata skor self injury sebesar 74,6 menjadi 46,4, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan intervensi menulis ekspresif terhadap penurunan tingkat kecenderungan self injury pada mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat memberikan alternatif bagi mahasiswa untuk mengurangi karakeristik-karakteristik perilaku self injury sehingga diharapkan intervensi ini secara tidak langsung mengurangi tingkat kecenderungan self injury pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-27
How to Cite
Ilma, N., & Murdiana, S. (2024). Penerapan Menulis Ekspresif Terhadap Penurunan Kecenderungan Self Injury pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 4(1), 48-56. https://doi.org/10.36232/jipmconnectedness.v4i1.6307