Perilaku Adaptif Anak Autis Ditinjau dari Guru di SDLB Kota Sorong

  • Ashari Ashari Institut Agama Islam Negeri Sorong

Abstract

Abstrak.. Pada dasarnya Pendidikan merupakan kebutuhan pada setiap anak dan tetap sama dengan anak umumnya , sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) di Kota Sorong, Guru tetap yang berlatarbelakang Pendidikan Khusus hanya satu orang selebihnya latar Pendidikan dengan konsentrasi lain. Mininnya SDM ini akan berpotensi menjadi penghambat utama dalam proses Pendidikan anak berkebutuhan khusus yang jumlahnya puluhan. Oleh karen itu pertanyaan penelitiannya adalah  Bagaimana perilaku adaptif anak Autis ditinjau dari guru di SDLB Kota Sorong? Dengan metode kualitatif yang berdasarkan riset lapangan (field research) yaitu penelitian lapangan yang dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya dan menggunak inventory Vineland adaptif behavior scale 3 (VABS3). Adapun subjek dalam penelitian ini diambil 10 dari 18 Peserta didik dengan Klasifikasi Autis di SDLB Kota Sorong 2023-2024. Hasil penelitian menemukan perilaku adaptif anak autis di SDLB Kota Sorong masih rendah (low) dengan menggunakan inventori Vineland Adaptif behavior scale 3,  hasil skor rata-rata dengan jumlah n=10 adalah 64,2 hasil ini berada pada rentan 20 to 70.

Kata kunci: (Perilaku Adaptif, Aanak Autis, Guru)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basinun. (2019). Kompetensi Guru Dalam Pengunaan Media Pembelajara Akidah Akhlak Di MAN Model Kota Bengkulu. Journal International Islamic Studies, 117.
Emanuel, S. (2010). Hak Warga Negara dalam memperoleh pendidikan. Jurnal Konstitusi.
Hellendoom, A. (2015). Unrevaling the nature of Autism: Finding order amid change. Hipnothesis and Theory.
Indonesia, R. (Undang-undang Dasar). Pasal 5. Bab III,.
Ivy, Y. K. (2017). Circumscribed interest in adolescents with Autism Spectrum Disorder: A look Beyond trains. PLOS One Journal, 3.
Lauren Kenworthy, e. a. (2010). Adaptivr behavior ratings correlate with symptomatology and IQ among individuals with higth functioning autism spectrum disorder. Journal Autis and developmental disorder: Springer.
Pratiwi, R. P. (2013). kiat sukse mengasuh anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sattler, J. M. (2002). Assessment of Children. 4th edition, Hal 107.
Suprihatin. (2013). Perubahan Perilaku Maladaptive Dengan Jadwal Terstruktur Pada Anak Autism. Jurnal xxii, 27th.
Szamari, P. (2018). Risk and resilience in Autism spectrum disorder: a missed translational opportunity (Vol. 60th). DMCN Journal.
Published
2024-06-28
How to Cite
Ashari, A. (2024). Perilaku Adaptif Anak Autis Ditinjau dari Guru di SDLB Kota Sorong. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 4(1), 87-96. https://doi.org/10.36232/jipmconnectedness.v4i1.6657