Analysis of Rainwater Utilization as an Alternative Clean Water Resource Using Rainwater Harvesting Techniques (Case Study: Mas Mansyur Building UNIMUDA Sorong)

Analisis Pemanfaatan Air Hujan Sebagai Alternatif Sumber Daya Air Bersih Menggunakan Teknik Harvesting Rainwater (Studi Kasus : Gedung Mas Mansyur UNIMUDA Sorong)

  • Mellany Rahayu Ning Tyas Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Eko Tavip Maryanto Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Elfiyusriningsi Syara Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Athiah Safari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: air bersih;, sistem rain harvesting, sistem filtras

Abstract

Sumber daya air dapat menjadi suatu hal yang langka dikarenakan adanya pencemaran-pencemaran terhadap lingkungan air sehingga menyebabkan kualitas air semakin menurun seiring berjalannya waktu. Di dalam Kampus Unimuda Sorong terdapat kurang lebih sekitar 5000 mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan. Oleh karena itu, kebutuhan air bersih sangat meningkat tiap tahunnya. Salah satu upaya untuk mewujudkan gagasan tersebut adalah dengan menerapkan metode pemanenan air hujan (rainwater harversting) sebagai alternatif penyimpanan air dengan kualitas PH tertentu agar dapat digunakan. Penelitian dilakukan dengan beberapa tujuan, diantaranya untuk mengetahui suplai air hujan yang ditangkap oleh bangunan gedung, mengidentifikasi kualitas air hujan yang telah dipanen dan menentukan sistem filtrasi yang tepat. Standar baku mutu yang digunakan pada penelitian ini adalah Permenkes No 32 Tahun 2017, sehingga pada penelitian ini meliputi dua parameter uji yaitu parameter fisika yang meliputi bau, warna dan total padatan terlarut (TDS) dan parameter kimia (pH). Hasil analisis pada parameter fisika menunjukkan bahwa air hujan yang telah ditangkap oleh atap bangunan gedung sebesar 110.0 – 230.0 yang menandakan bahwa air tersebut cenderung keruh dan tidak memenuhi standar baku mutu yang sesuai. Maka dari itu diperlukannya sistem filtrasi pasir lambat laun agar air tersebut layak untuk digunakan menjadi sumber daya air bersih

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-08