ANALYSIS OF THE CHARACTERISTICS AND PERFORMANCE OF THE BASUKI RAHMAT ROAD SECTION DUE TO THE ACTIVITIES OF PUBLIC FUEL STATIONS (SPBU) AND Al-Ma'arif MI SCHOOL.

ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KINERJA RUAS JALAN BASUKI RAHMAT AKIBAT ADANYA AKTIFITAS STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) DAN SEKOLAH MI Al-Ma'arif

  • Andre Dwi Wicaksono Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Musvira Febriana Umar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Intan Java Turis Repmi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Lalu lintas, Ruas jalan, volume kendaraan

Abstract

Jalan Basuki Rahmat termasuk adalah Jalan Perkotaan dengan tipe 4/2T. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kinerja Jalan Basuki Rahmat terhadap arus lalu lintas akibat beroperasinya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Sekolah MI Al-Ma'arif. Penelitian ini menggunakan perhitungan berdasarkan Panduan Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014). Dari hasil analisa menunjukkan volume kendaraan pada jam puncak ter-tinggi dari arah Sorong menuju ke Aimas sebesar Q = 2810 smp/jam dan total volume kendaraan puncak ter-rendah dari arah Aimas menuju ke Sorong sebesar Q = 1730 smp/jam. Nilai kecepatan tempuh dan waktu tempuh dari arah Aimas menuju kearah Sorong begitu juga sebaliknya sebesar WT = 35,71 km/jam. Nilai perhitungan hambatan samping pada jam puncak ter-tinggi terjadi dari arah Sorong menuju ke Aimas pada hari minggu sebesar Q = 449,3 smp/jam dan hambatan samping pada jam puncak ter-rendah terjadi dari arah Sorong menuju ke Aimas pada hari senin sebesar Q = 254,4 smp/jam. Kapasitas ruas jalan sebesar C = 6135,55 smp/jam. Derajat kejenuhan jalan Basuki Rahmat sebesar DJ = 0,458 smp/jam dan memiliki tingkat pelayanan kelas C. Kecepatan arus bebas sebesar VB = 52,41 km/jam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-28