PERFORMANCE ANALYSIS OF SORONG CITY DAMRI BUS TRANSPORT SERVICES BASED ON USER PERCEPTIONS (CASE STUDY: SORONG – AITINYO TRAYEK)

ANALISA KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN BUS DAMRI KOTA SORONG BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA ( STUDI KASUS : TRAYEK SORONG – AITINYO )

  • Yunita Aprilia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Elfiyusriningsi Syara Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Andi Rahmat Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Kenyamanan Konsumen, Pelayanan, Fasilitas

Abstract

Seiring berkembangnya Kota Sorong yang begitu pesat transportasi umum sangat berperan penting dalam kebutuhan Masyarakat karena dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberlangsungan ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan hidup. Fasilitas transportasi umum yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Kota Sorong sendiri yaitu dengan memanfaatkan moda transportasi umum yang salah satunya berupa angkutan bus DAMRI. Metode yang digunakan untuk menentukan sampelnya itu Teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 161 responden dengan penyebaran kuisioner yang berisikan 21 butir pernyataan. dari perhitungan menggunakan metode customer statisfaction index (CSI) pada 3 variabel yaitu pelayanan (X1), fasilitas (X2), kepuasan konsumen (Y) berdasarkan persepsi pengguna bus DAMRI diperoleh nilai skor keseluruhan sebesar 79,26%. Hasil penelitian tingkat kepuasan berdasarkan 3 variabel menunjukan bahwa pengguna jasa bus DAMRI merasa puas dengan kinerja pelayanan dan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak DAMRI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-08