JURNAL RIPCULL: Jurnal Teknik Sipil UNIMUDA Sorong https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull <p>JURNAL RIPCULL diterbitkan oleh Program studi Teknik sipil Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang ketekniksipililan dan arsitektur. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang teknik sipil yang dilakukan oleh mahasiswa, peneliti dan dosen . Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Oktober.</p> en-US Musviraf99@gmail.com (Musvira Febriana Umar) elfiyusri34@gmail.com (Elfiyusriningsi Syara) Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALYSIS OF THE CHARACTERISTICS AND PERFORMANCE OF THE BASUKI RAHMAT ROAD SECTION DUE TO THE ACTIVITIES OF PUBLIC FUEL STATIONS (SPBU) AND Al-Ma'arif MI SCHOOL. https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5351 <p>Jalan Basuki Rahmat termasuk adalah Jalan Perkotaan dengan tipe 4/2T. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kinerja Jalan Basuki Rahmat terhadap arus lalu lintas akibat beroperasinya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Sekolah MI Al-Ma'arif. Penelitian ini menggunakan perhitungan berdasarkan Panduan Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014). Dari hasil analisa menunjukkan volume kendaraan pada jam puncak ter-tinggi dari arah Sorong menuju ke Aimas sebesar Q = 2810 smp/jam dan total volume kendaraan puncak ter-rendah dari arah Aimas menuju ke Sorong sebesar Q = 1730 smp/jam. Nilai kecepatan tempuh dan waktu tempuh dari arah Aimas menuju kearah Sorong begitu juga sebaliknya sebesar WT = 35,71 km/jam. Nilai perhitungan hambatan samping pada jam puncak ter-tinggi terjadi dari arah Sorong menuju ke Aimas pada hari minggu sebesar Q = 449,3 smp/jam dan hambatan samping pada jam puncak ter-rendah terjadi dari arah Sorong menuju ke Aimas pada hari senin sebesar Q = 254,4 smp/jam. Kapasitas ruas jalan sebesar C = 6135,55 smp/jam. Derajat kejenuhan jalan Basuki Rahmat sebesar DJ = 0,458 smp/jam dan memiliki tingkat pelayanan kelas C. Kecepatan arus bebas sebesar VB = 52,41 km/jam.</p> Andre Dwi Wicaksono, Musvira Febriana Umar, Intan Java Turis Repmi ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5351 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 UNIMUDA HOSPITAL SORONG BOTTOM STRUCTURAL PLANNING STUDY https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/4993 <p>Tujuan penulisan ini adalah perencanaan struktura bawah yaitu pondasi, pada rencana pembangunan UNIMUDA Hospital Sorong dengan jenis pondasi dalam yaitu pondasi Bored Pile. Struktur bangunan meliputi struktur atas dan struktur bawah. Suatu konstruksi memerlukan pondasi yang kuat dan kokoh untuk menopang konstruksi diatasnya. Hal pertama yang dilakukan pada saat pelaksanaan pekerjaan struktur di lapangan adalah pekerjaan substruktur khususnya pekerjaan pondasi. Pondasi yang digunakan pada perencanaan pembangunan UNIMUDA Hospital Sorong adalah pondasi bored pile. Sesuai hasil perhitungan daya dukung tiang tunggal berdasarkan data Sondir pada kedalaman 5,1 meter dengan menggunakan metode mayerhoff diperoleh nilai 509,007 ton serta daya dukung ijin tiang sebesar 161,023 ton pada titik S-1 dan diperoleh nilai 297,107 ton serta daya dukung ijin tiang sebesar 87,308 ton. Daya dukung kelompok tiang BH1 = 1094,873 ton &gt;</p> Annisa Dewi Fitriani, Andi Rahmat, Eko Tavip Maryanto ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/4993 Thu, 08 Feb 2024 06:28:48 +0000 Time Management Analysis Using the PERT (Project Evaluation and Review Technique) Method in Housing Development Projects https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5492 <p>Manajemen waktu proyek merupakan rangkain proses perencanaan, penyusunan, hingga pengendalian aktivitas proyek, dengan ini perusahaan dapat mengestimasi waktu penyelesaian proyek serta pengendalian terhadap aktivitas proyek. Tiga parameter yang sangat krusial dalam pelaksanaan proyek yaitu jadwal proyek, mutu proyek dan biaya proyek. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerapan manajemen waktu pada proyek pembangunan Rumah Susun Sekolah Seminari Menengah Petrus Van Diepen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jalur kritis pada suatu proyek dengan menggunakan metode CPM (critical path method) serta mengetahui waktu optimal dalam pelaksanaan proyek dengan penambahan waktu kerja lembur. Pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari kontraktor. Setelah dilakukan analisis data menggunakan metode CPM dalam proyek ini terdapat 12 item pekerjaan yang masuk dalam lintasan kritis. Pekerjaan yang masuk di dalam lintasan kritis dilakukan percepatan durasi dan menghasilkan selisih 29 hari dari waktu normal.</p> Churil Azizah, Muh Rizal S, Intan Java Turis ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5492 Thu, 08 Feb 2024 07:23:45 +0000 PERFORMANCE ANALYSIS OF SORONG CITY DAMRI BUS TRANSPORT SERVICES BASED ON USER PERCEPTIONS (CASE STUDY: SORONG – AITINYO TRAYEK) https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5353 <p>Seiring berkembangnya Kota Sorong yang begitu pesat transportasi umum sangat berperan penting dalam kebutuhan Masyarakat karena dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberlangsungan ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan hidup. Fasilitas transportasi umum yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Kota Sorong sendiri yaitu dengan memanfaatkan moda transportasi umum yang salah satunya berupa angkutan bus DAMRI. Metode yang digunakan untuk menentukan sampelnya itu Teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 161 responden dengan penyebaran kuisioner yang berisikan 21 butir pernyataan. dari perhitungan menggunakan metode customer statisfaction index (CSI) pada 3 variabel yaitu pelayanan (X1), fasilitas (X2), kepuasan konsumen (Y) berdasarkan persepsi pengguna bus DAMRI diperoleh nilai skor keseluruhan sebesar 79,26%. Hasil penelitian tingkat kepuasan berdasarkan 3 variabel menunjukan bahwa pengguna jasa bus DAMRI merasa puas dengan kinerja pelayanan dan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak DAMRI.</p> Yunita Aprilia, Elfiyusriningsi Syara, Andi Rahmat ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5353 Thu, 08 Feb 2024 08:35:11 +0000 Analysis of Rainwater Utilization as an Alternative Clean Water Resource Using Rainwater Harvesting Techniques (Case Study: Mas Mansyur Building UNIMUDA Sorong) https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5191 <p>Sumber daya air dapat menjadi suatu hal yang langka dikarenakan adanya pencemaran-pencemaran terhadap lingkungan air sehingga menyebabkan kualitas air semakin menurun seiring berjalannya waktu. Di dalam Kampus Unimuda Sorong terdapat kurang lebih sekitar 5000 mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan. Oleh karena itu, kebutuhan air bersih sangat meningkat tiap tahunnya. Salah satu upaya untuk mewujudkan gagasan tersebut adalah dengan menerapkan metode pemanenan air hujan (rainwater harversting) sebagai alternatif penyimpanan air dengan kualitas PH tertentu agar dapat digunakan. Penelitian dilakukan dengan beberapa tujuan, diantaranya untuk mengetahui suplai air hujan yang ditangkap oleh bangunan gedung, mengidentifikasi kualitas air hujan yang telah dipanen dan menentukan sistem filtrasi yang tepat. Standar baku mutu yang digunakan pada penelitian ini adalah Permenkes No 32 Tahun 2017, sehingga pada penelitian ini meliputi dua parameter uji yaitu parameter fisika yang meliputi bau, warna dan total padatan terlarut (TDS) dan parameter kimia (pH). Hasil analisis pada parameter fisika menunjukkan bahwa air hujan yang telah ditangkap oleh atap bangunan gedung sebesar 110.0 – 230.0 yang menandakan bahwa air tersebut cenderung keruh dan tidak memenuhi standar baku mutu yang sesuai. Maka dari itu diperlukannya sistem filtrasi pasir lambat laun agar air tersebut layak untuk digunakan menjadi sumber daya air bersih</p> Mellany Rahayu Ning Tyas, Eko Tavip Maryanto, Elfiyusriningsi Syara, Athiah Safari ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5191 Thu, 08 Feb 2024 09:31:55 +0000 ALTERNATIVE STRUCTURAL PLANNING FOR THE UNIMUDA SORONG BUILDING HOSPITAL 5 FLOORS IN THE 4TH EARTHQUAKE AREA https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5354 <p>Untuk merencanakan struktur gedung bertingkat yang aman terhadap bencana gempa setidaknya struktur harus memiliki kekuatan dan perilaku yang baik. Perencanaan struktur gedung Hospital UNIMUDA Sorong bertujuan dengan menggunakan material baja dapat mendesain gedung yang tahan terhadap beban gempa sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) ,serta dapat merencanakan dimensi balok dan kolom yang kuat menahan beban gempa berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Perhitungan pembebanan dan analisis dilakukan dengan bantuan program SAP 2000 v14.&nbsp; Struktur dirancang menggunakan sistem rangka baja pemikul momen khusus dengan koefisien seismik menggunakan spektrum respons dinamis. Dengan&nbsp; periode fundamental sebesar 0,8228 detik. maksimal periode fundamental sebesar 1,1134 detik, Dan nilai simpangan antar tingkat&nbsp; yang tidak ada yang melebihi batas maksimal simpangan sebesar 30,769 mm.&nbsp;&nbsp; Balok 1 didesain denngan IWF 400 x 200 x 8 x 13 dengan menggunakan tambahan&nbsp; pelat pengaku (pelat stiffener) memiliki nilai Vu sebesar 212 367.77 N; ϕVn&nbsp; = 590 400 N; Mu = 359 578 346 Nmm dan ϕMn = 463 198 437 Nmm. Balok 2 didesain dengan IWF 400 x 200 x 8 x 13 tanpa pengaku badan memiliki nilai Vu sebesar 163 492 N; ϕVn&nbsp; = 590 400 N; Mu = 278 327 523 Nmm dan ϕMn = 463 198 437 Nmm. kolom baja efektif dalam struktur ini menggunakan WF 400 x 400 x 21 x 13 dengan nilau Pu sebesar 2162478.73 N , ϕVn&nbsp; = 678 600 N, Mux = 112561292.5, Muy = 78189223.26 Nmm dan ϕMnx = 769 813 060 Nmm , ϕMny = 188770276 Nmm</p> Angga Puji Triono, Andi Rahmat, Elfiyusriningsi Syara, Athiah Safari ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalripcull/article/view/5354 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000