Penerapan Model Design Thinking pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macro Media Flash
Abstract
Pengembangan media pembelajaran IPA kelas VI SD Negeri 26 Malabutor Kota Sorong bertujuan memperbaharui pembelajaran konvseional dengan metode ceramah menjadi media pembelajaran berbasis teknologi. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model design thinking yang terdiri dari tahap empathize, define, ideate, prototype, testing, dan implement. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Prototype pengembangan media pembelajaran menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Software yang digunakan dalam pengembangan media yaitu macromedia flash 8, untuk desain menggunakan corel draw x7 dan adobe photoshop cs3. Pengujian media menggunakan black box testing. Uji coba kelayakan media menggunakan skala likert dengan hasil uji coba perorangan persentase 82%, uji coba kelompok kecil persentase 85%, uji coba kelompok besar persentase 87%. Skala Aiken V untuk menentukan hasil validasi ahli materi dengan persentase 93% dan validasi dari ahli media dengan persentase 85% sehingga termasuk dalam kategori sangat layak