Perancangan Sistem Penjualan ATK pada Toko Lia Education Center Berbasis Website

  • Binti Miftakhul Janah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Indri Anugrah Ramadhani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhamad Ali Kasri Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Sistem, Penjualan, website, Prototype, ATK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem penjualan ATK yang dapat memudahakn masyarakat dalam melakukan pembelian produk atk secara online. Jenis penelitian ini adalah Research dan Development dengan tahapan: 1) studi Pustaka, 2) studi lapangan, 3) observasi, 4) desain produk, 5) uji coba produk. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode prototype, dengan tahapan 1) mengumpulkan dan menganalisis kebutuhan, 2) melakukan perancangan, 3) membangun sebuah prototype, 4) evaluasi dilakukan oleh konsumen, 5) perubahan rancangan dan prototype, 6) apabila konsumen kurang puas dengan sistem yang telah dibuat maka ulangi langkah 5, 7) apabila konsumen puas dengan sistem yang telah dibuat maka pengembangan sistem berskala besar dapat dilakukan. Pengujian perangkat lunak dilakukan melalui pengujian blackbox, serta melalui pengujian kelompok skala kecil dengan 7 responden dan kelompok berskala besar dengan 20 responden. Berdasarkan hasil penelitian kelomok besar  dapat disimpulkan bahwa indikator, kualitas aplikasi memperoleh rata-rata 3,48 dan presentase 86,96 %, aspek navigasi memperoleh rata-rata 3,46 dan presentase 86,56 %, penggunaan sistem memperoleh rata-rata 3,37 dan presentase 84,17 %, kepuasan pengguna memperoleh rata-rata 3,35 dan presentase 83,75 %, dampak bagi konsumen memperoleh rata-rata 3,35 dan presentase 83,75 %. Dapat simpulkan bahwa sistem penjualan ATK dapat digunakan dengan efektif. Selain merancang sistem penjualan ATK peneliti juga merancang panduan sistem penjualan yang berbentuk buku panduan. Didalam buku panduan terdapat petunjuk penggunaan sistem atk dari memilih produk, membuat akun pada toko, cara melakukan transaksi dan penggunaan admin, seperti mengupload produk pada sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardyanto, E., Prasetyo, C. P., & Safa’udin, M. (2020). Rancang Bangun Sistem
Informasi Penjualan Alat Tulis Kantor (ATK) Berbasis Desktop Pada Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Kandangan Mandiri. JURNAL TECNOSCIENZA, 4(1), 113-122.
Dengen, N., & Hatta, H. R. (2009). Perancangan Sistem Informasi Terpadu
Pemerintah Daerah Kabupaten Paser. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(1), 47-54.
H DIAN NASTITY - J+ PLUS UNESA, 2019 - jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Jayanti, D., & Iriani, S. (2014). Sistem Informasi Penggajian Pada CV. Blumbang
Sejati Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(3).
Published
2022-01-20
How to Cite
Janah, B., Ramadhani, I., & Kasri, M. (2022). Perancangan Sistem Penjualan ATK pada Toko Lia Education Center Berbasis Website. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), 14-19. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.2022