Mrs Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo

  • Indah Dwi Rahayu SMP Negeri 2 Gudo Jombang
Keywords: Aplikasi Cap Cut, ketrampilan berbicara bahasa inggris.

Abstract

Berdasarkan data di lapangan, motivasi dan hasil belajar bahasa inggris siswa SMP Negeri 2 Gudo kelas IX-A masih tergolong rendah, ini dapat terlihat dari fokus siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa inggris kurang baik, siswa mudah sekali melupakan materi yang baru diterima, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dikarenakan metode guru selama ini konvensional, strategi pembelajaran yang dilakukan berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif dan merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan berbicara Bahasa inggris kelas IX-A di SMP Negeri 2 Gudo dengan penerapan Aplikasi Cap Cut untuk membuat rekam video. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus.  Dari hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa Penerapan Aplikasi Cap Cut untuk merekam video dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketrampilan berbicara Bahasa inggris siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo tahun pelajaran 2021/2022. Hasil observasi pada siklus 1 menunjukkan persentase aktivitas guru mencapai 79%, persentase aktivitas siswa mencapai 67%, dan perolehan hasil belajar siswa adalah 75% siswa yang tuntas. Pada siklus 2, perolehan persentase keterlaksanaan aktivitas guru mencapai 86%, aktivitas siswa sebesar 86%, dan perolehan hasil belajar siswa adalah 88% siswa yang tuntas Pada siklus 1 masih terdapat 8 siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM (tidak tuntas), sedangkan pada siklus 2 terdapat 4 siswa yang tidak tuntas. Keaktifan siswa dalam bertanya dan berdiskusi juga mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsjad M, dan Mukti. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas: Kunci-Kunci Rahasia Agar Mudah Melaksanakan PTK dan Menulis Laporan PTK untuk Guru, Dosen dan Mahasiswa. Yogyakarta: Araska

Haidir dan Salim. 2012. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

"Procedure Text:Struktur, Ciri, dan Contohnya dalam Bahasa Inggris." 2 Nov. 2021, https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5792538/procedure-textstruktur-ciri-dan-contohnya-dalam-bahasa-inggris. Accessed 13 Nov. 2021

Khotimah, D. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Dengan Media Pembelajaran Flash Card. JURNAL PIONIR

Insania, S. (2021). Analisis penerapan sistem pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

https://www.asikbelajar.com/jenis-dan-model-penelitian-tindakan-kelas-ptk/#:~:text=konsep%20inti%20PTK%20yang%20diperkenalkan,)%20(Lewin%2C%201990).
Published
2022-08-06
How to Cite
Rahayu, I. (2022). Mrs Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(2), 44-50. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i2.2585