Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis

  • Adi Setiawan Institut Teknologi Indonesia
  • Ulfah Khairiyah Luthfiyani Institut Teknologi Indonesia
Keywords: ChatGPT, OpenAI, Education 4.0, AI, Kecerdasan Buatan

Abstract

ChatGPT OpenAI merupakan teknologi mesin berbasis kecerdasan buatan yang dilatih untuk bisa menirukan percakapan manusia menggunakan teknologi NLP (Natural Language Processing). Pada kenyataannya ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu tulisan yang cukup ilmiah atau bahkan buku dengan prompt yang dirumuskan di awal dengan teknik yang baik dan efektif. Sehingga peluang inovasi menggunakan teknologi ini terbuka lebar untuk pendidikan di Indonesia, salah satunya dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik di sekolah/kampus untuk meraih enam kompetensi yang dibutuhkan di Era Education 4.0. Enam kompetensi itu adalah berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, pendidikan karakter dan kewarganegaraan. Hasil eksperimen yang dilakukan menggunakan ChatGPT dapat menghasilkan suatu tulisan berjumlah 693 kata di mana hasil ini masih bisa dikembangkan lebih lanjut untuk penugasan berikutnya bagi peserta didik. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan eksperimen ini lebih kurang 7 menit, termasuk waktu untuk mendokumentasikan hasil pemrosesan ChatGPT, namun tidak termasuk waktu untuk merumuskan dua prompt yang baik dan efektif sebelum eksperimen dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akin, F.K. (2023). The Art of ChatGPT Prompting: A Guide to Crafting Clear and Effective Prompts. from https://fka.gumroad.com/l/art-of-chatgpt-prompting?layout=profile.
Aydın, Ö., Karaarslan, E. (2023). OpenAI ChatGPT Generated Literature Review: Digital Twin in Healthcare. SSRN. Aydın, Ö., Karaarslan, E. (2022). OpenAI ChatGPT Generated Literature Review: Digital Twin in Healthcare. In Ö. Aydın (Ed.), Emerging Computer Technologies 2 (pp. 22-31). İzmir Akademi Dernegi., from https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4308687.
Hastuti, K. P., Aristin, N. F., & Fani, A. I. M. (2022). Improvement of Six Competency Skills through the Development of Flipped-Case Project in Era of Education 4.0. Education Quarterly Reviews, 5(4), 125-135, from http://doi.org/10.31014/aior.1993.05.04.579.
Mitchell, A. (2022). Professor catches student cheating with ChatGPT: ‘I feel abject terror. From https://nypost.com/2022/12/26/students-using-chatgpt-to-cheat-professor-warns/.
Munadi, M. (2020). Manajemen Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 (2 ed). Jakarta: Penerbit Kencana.
Nisa, KA. (2016). Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. PETIK Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2 (1), 24-35, from https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i1.63.
OpenAI.com. (2022). ChatGPT: Optimizing Language Models for Dialogue. from https://openai.com/blog/chatgpt/.
Rosenzweig-Ziff, D. (2023). New York City blocks use of the ChatGPT bot in its schools. From https://www.washingtonpost.com/education/2023/01/05/nyc-schools-ban-chatgpt/.
Savitri, A. (2019). Bonus Demografi 2030; Menjawab Tantangan serta Peluang Edukasi 4.0 dan Revolusi Bisnis 4.0. Semarang: Penerbit Genesis.
Study.com. (2023). Productive Teaching Tool or Innovative Cheating? from https://study.com/resources/perceptions-of-chatgpt-in-schools.
Tangermann, V. (2023). College Student Caught Submitting Paper Using ChatGPT. from https://futurism.com/college-student-caught-writing-paper-chatgpt.
Zhai, X. (2023). ChatGPT User Experience: Implications for Education. SSRN, from https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4312418.
Published
2023-02-03
How to Cite
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49-58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680