Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi Chat GPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0

  • Tubagus Umar Syarif Hadi Wibowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Farhan Akbar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sahrul Rohman ilham Universitas Sultan Ageng Tirtayasa https://orcid.org/0000-0002-8276-2871
  • Muhammad Shafwan Fauzan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Sejarah, Chat GPT, Artifical Inteligence, Media Pembelajaran.

Abstract

Dewasa ini sebagai Guru maupun Peserta didik, kita banyak menemukan media serta alat bantu (teknologi) pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang kualitas, maupun memberikan kemudhana untuk menyelesaiakan suatu pekerjaan. Hal ini tidak dapat dipungkiri, sebab kemajuan teknologi tidak dapat dipisahkan dari peradaban manusia, yang selalu memunculkan banyak kreasi termasuk dalam hal media pembelajaran. Aplikasi Chat GPT yang muncul sejak pertengahan tahun 2022, hingga sekarang mengundang kontroversi sebab dapat menjawab semua pertanayaan seseorang dengan hanya mengetikkan pertanyaan kepada mereka melalui aplikasi tersebut. Banyak siswa menggunakannya untuk dapat memperoleh jawaban atas persoalan dalam pekerjaan rumah mereka yang diberikan oleh Guru. Banyak tenaga pendidik, melihat kehadiran Chat GPT sebagai ancaman dalam segi kreativitas, inovasi serta turunnya motivasi belajar siswa untuk membaca materi pelajaran, salah satunya sejarah. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan aplikasi Chat GPT yang berbasis pada Artifical inteligence tersebut, menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Guru dan Siswa untuk menggunakannya sebagai salah satu alternatif tambahan dibandingkan Google dan Wikipedia dalam memberikan perspektif serta jawaban yang lebih personal termasuk dalam menjawab pertanyaan sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-17
How to Cite
Wibowo, T. U., Akbar, F., ilham, S., & Fauzan, M. (2023). Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi Chat GPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 69-76. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226